PEMULIHAN PENDIDIKAN PASCA PANDEMI MELALUITRANSFORMASI DIGITAL DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0
PEMULIHAN
PENDIDIKAN PASCA PANDEMI MELALUITRANSFORMASI DIGITAL DENGAN PENDEKATAN
MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0
Latifah1,
Ngalimun2
Sekolah
Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Persada Banjarmasin1
Universitas
Muhammadiyah Banjarmasin2
ABSTRAK
Penelitian ini
menggubakan metode kualitatif atau metode kepustakaan (library research).
Penelitian kepustakaan adalah penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan
data, informasi, dan berbagai macam data-data lainnya yang terdapat dalam
kepustakaan. Dengan mengutarakan jenis penelitian ini, fokus dan langkah-langkah
yang akan dalam penelitian ini menjadi semakin nampak dan jelas. Sumber data,
tulisan ini sifatnya adalah kajian pustaka, maka obyek yang dapat dijadikan
sumber dibagi menjadi dua, yaitu primer dan sekunder. Dalam penelitian ini
pendekatan manajemen transformatif pendidikan Islam harus berprinsip pada landasan
pendidikan Islam; prinsip tauhid, prinsip integrasi, prinsip keseimbangan, dan
prinsip pendidikan seumur hidup. Pertama prinsip tauhid, dalam menghadapi era society
5.0 pendidikan Islam berperan menjadi tameng dalam mengkontrol ketidakselarasan
hidup manusia muslim modern saat ini. Tauhid, merupakan bagian utama yang harus
ditanam secara utuh dalam diri manusia sebab dengan tauhid inilah yang akan
mengarahkan pada semua segi kehidupan manusia dan alam. Tauhid juga menjadi
prinsip dasar telaah pemikiran Islam tentang cara pandang terhadap dunia.
Kata kunci: Pendidikan
pasca pandemic, transformasi digital, manajemen Pendidikan islam, era cociety
5.0
Sumber:
Jurnal Terapung : Ilmu –
Ilmu Sosial , Vol. 5, No. 1, Maret 2023
Komentar
Posting Komentar