ANALISIS KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PARENTING DALAM SURAH LUQMAN AYAT 12-19 MENURUT TAFSIR IBNU KATSIR
ANALISIS
KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PARENTING DALAM SURAH LUQMAN AYAT 12-19 MENURUT TAFSIR
IBNU KATSIR
Oleh:
Andriansyah* dan Ade Salahudin Permadi**
Pascasarjana
IAIN Palangka Raya
ABSTRAK
Konsep pendidikan
Islam dalam keluarga
sesuai yang digambarkan
QS. Luqman ayat
12-19, tentang keistimewaan Luqman dicerminkan sebagai sosok yang arif
dan penuh hikmah dalam mendidikanak yang bisa dijadikan landasan orang tua
dalam mendidik anaknya agar sukses dan selamat duni dan akhirat. Tujuan
penulisan untuk menganalisis konsep-konsep pendidikan Islam dalam keluarga
yang terdapat dalam
QS. Luqman ayat
12-19. Fokus pembahasan
penelitian ini yaitu tentang
konsep pendidikan Islam Parenting, bagaimana seorang Luqman mendidik anaknya
sehingga namanya diabadikan
dalam QS. Luqman
ayat 12-19. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan metode studi
pustaka (library research). Hasil Penelitian
ini menemukan bahwa, pendidikan yang terkandung dalam QS. Luqman menurut
Tafsir Ibnu Katsir meliputi: (1) sikap
syukur terhadap Allah
SWT yang telah
memberikan keistimewaan berupa hikmah, (2)
pendidikan tauhid, (3)
berbakti kepada kedua
orang tua, (4),
beramal shalih, (5) beribada dan amar ma’ruf nahi munkar, dan
(6) berakhlak mulia terhadap orang lain.
Kata Kunci: Pendidikan
Islam, Parenting, QS. Luqman 12-19, Tafsir Ibnu Katsir
Sumber:
Pedagogik Jurnal
Pendidikan, Maret 2022, Volume 17 Nomor 1, (64-76)
Komentar
Posting Komentar