Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu
Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi
Siswa Kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu
Ainun
Cahyani1), Nurul Kemala Dewi2), Heri Setiawan3)
1),
2), 3) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP
–Universitas Mataram
Abstrak:
Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa tulis
pada teks narasi siswa kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten
Dompu. Penelitian ini
merupakan penelitian
kualitatif yang sifatnya
deskriptif yaitu data yang dianalisis tidak untuk menerima dan
menolak hipotesis melainkan deskripsi
dari gejala yang
diamati.Objek dalam penelitian
ini adalah teks narasi
siswa kelas V
SDN 13 Manggelewa
sebanyak 10 buah. Teknik
pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling dimana pengambilan sampel menggunakan pertimbangan tertentu.
Teknik dalam pengumpulan
data yaitu teknik triangulasi
antara teknik wawancara
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan pemakaian huruf
kapital menjadi kesalahan yang
paling banyak dilakukan
siswa yaitu sebanyak 88
kesalahan dengan persentase
46,56%. Kesalahan dalam pemakaian
pemilihan kata/diksi menempati
urutan kedua dengan jumlah
kesalahan 58 dengan
persentase 30,68%.
Kesalahan penggunaan tanda
baca khususnya tanda
titik dan tanda
koma masing-masing berjumlah 25
dan 18 kesalahan dengan persentase 13,23% dan 9,53%. Saran untuk guru yaitu
memberikan pembelajaran yang baik dan kreatif
khususnya dalam aspek penulisan.
Selain itu untuk siswa diharapkan berlatih dengan bimbingan guru.
Kata Kunci: Teks narasi,
kesalahan berbahasa tulis.
Sumber:
PENDAGOGIA: Jurnal
Pendidikan Dasar
Volume 1|Nomor 1|April,
2021
Hal. 41-49
Komentar
Posting Komentar