Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika di SMA
Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika di SMA
Nurbani1,
Henny Puspitasari2
IKIP
PGRI Pontianak, Indonesia1,2
Abstrak
Latar belakang penelitian
yaitu belum adanya media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran matematika
di SMAS 2 Muhammadiyah Pontianak. Pada masa Pandemic Covid 19, siswa diwajibkan
untuk belajar secara mandiri di rumah. Untuk bisa belajar mandiri, siswa
membutuhkan media pembelajaran berbasis android untuk bisa digunakan dengan
menggunakan handphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan
sarana akan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Matematika
di SMAS 2 Muhammadiyah Pontianak.Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif.
Variabel penelitian ini yaitu analisis kebutuhan pengembangan media
pembelajaran berbasis android. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan uji deskriptif. Adapun hasil penelitian menunjukkan
bahwa analisis kebutuhan siswa akan penggunaan media pembelajaran berbasis
Android khususnya pada mata pelajaran Matematika dengan persentase 93,3%. Hal
ini menunjukkan bahwa siswa sangat setuju untuk dikembangkan media pembelajaran
Android pada mata pelajaran Matematika.
Kata Kunci: Android,
Matematika, Media Pembelajaran.
Sumber:
Edukatif : Jurnal Ilmu
Pendidikan
Volume 4 Nomor 2 Tahun
2022
Halm 1908 - 1913
Komentar
Posting Komentar