ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DAN PERKEMBANGAN MENTAL DI PROVINSI RIAU

 

ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DAN PERKEMBANGAN MENTAL DI PROVINSI RIAU

Lamirin1), Hadion Wijoyo2), Komang Sutawan3)

1)STAB Bodhi Dharma

2)STMIK Dharmapala Riau

3)STIAB Jinarakkhita Lampung

 

Abstrak

Memasuki  era revolusi  industri  4.0,  pola  pemasaran  tradisional telah   berubah   menjadi   pemasaran   digital.   Perubahan   ini menyebabkan  perubahan  gaya  hidup  masyarakat  khususnya  di Riau.     Perkembangan     mental     akibat     digital     marketing menyebabkan   interaksi   antar   sesama   masyarakat   semakin berkurang,    terutama    dengan    adanya    pandemi    Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara  dengan  informan  kunci  dan  partisipan  sebanyak  50 orang.  Hasil  penelitian  bahwa  dengan  adanya  digital  marketing menmberikan  kemudahan  bagi  masyarakat  namun  di  sisi  lain juga membawa efek negatif berupa berkurangnya interaksi secara lansung yang pada akhirnya akan mempengaruhi perkembangan mental masyarakat.

 

Kata Kunci : Pemasaran  Digital,  Pengembangan Mental, Provinsi Riau

 

Sumber:

Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ,

Vol. 8 No. 3, 227-231

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan