ANALISIS PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MASA PANDEMI COVID-19
ANALISIS
PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MASA PANDEMI COVID-19
Melisa
Prawitasari1, Kristin Imanuel2, Heri Susanto3,
Fathurrahman4
Universitas
Lambung Mangkurat1,2,3, Universitas Negeri Yogyakarta4
Abstrak :
Kondisi pandemi Covid-19
(coronavirus disease) yang terjadi di Indonesia merubah sistem pendidikan. Proses
belajar mengajar yang semula dilaksanakan secara tatap muka di kelas, kemudian
berubah dengan jarak jauh secara daring (dalam jaringan). Pelaksanaan
pembelajaran daring memberikan berbagai dampak terhadap peserta didik, termasuk
adanya perubahan pada perilaku belajarnya. Tujuan penelitian ini untuk
menganalisis perilaku belajar peserta didik pada saat pembelajaran daring. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskripif.
Subjek dalam penelitian guru sejarah dan peserta didik kekas X IPS 1. Sedangkan
objeknya dilakukan di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data
didapat melalui observasi, wawancara, dan berbagai sumber yang diperoleh
melalui internet. Analisis interaktif Miles dan Huberman digunakan oleh
peneliti untuk menganalisis perilaku belajar peserta didik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perilaku belajar peserta didik mengalami penurunan saat
pembelajaran daring. Hal ini disebabkan peserta didik merasa jenuh dan bosan
selama pembelajaran daring. Perubahan perilaku belajar yang dialami seperti
tidak disiplin, tidak bertanggung jawab, kurang mengapresiasi pembelajaran,
kurang aktif dan rendahnya minat belajar.
Kata Kunci : pembelajaran
daring, perilaku belajar, pembelajaran sejarah
Sumber:
JURNAL EDUCHILD
(Pendidikan & Sosial)
Vol. 11. No. 1, Februari
2022, (27-31)
Komentar
Posting Komentar