ANALISIS KEBUTUHAN MODUL KALKULUS INTEGRAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS
ANALISIS
KEBUTUHAN MODUL KALKULUS INTEGRAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
MATEMATIS
Hesty
Marwani Siregar1, Titi Solfitri2, Rini Dian Anggraini3
1Universitas
Riau
2Universitas
Riau
3Universitas
Riau
Abstrak
Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi menuntut peningkatan kemampuan manusiasalah satunya
berpikir kreatif. Peningkatan kemampuanberpikir kreatif
matematisini salah satunya
dapat diperolehdi Perguruan Tinggimelalui mata kuliah Kalkulus
Integral.Untuk menunjang pembelajarandiperlukan suatu
bahan ajar berupa modul.Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui modul
kalkulus integral yang bagaimana
yang dibutuhkan mahasiswa
untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kreatif matematis.Penelitian ini adalah
penelitian kualitatif
deskriptif menggunakan
tes,observasi,angket,wawancara, dananalisis
bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa
Pendidikan matematika membutuhkan
modul kalkulus integral
yang mudah dipahami,memfasilitasi kemampuan
bepikir kreatif matematis, memuat penjelasan dari
konsep materi yang
dipelajari,berbasis model pembelajaran inovatif, menggunakan teknologi
sesuaiperkembangan zaman,danbisa digunakan secara mandiri.
Kata kunci: Analisis kebutuhan,
berpikir kreatif matematis, kalkulus integral, modul
Sumber:
GAUSS: Jurnal Pendidikan
Matematika,
Vol.05 No.01, Mei 2022
Komentar
Posting Komentar