KOMUNIKASI POLITIK DI MASA PANDEMI: ANALISIS ISI UNGGAHAN INSTAGRAM MENGENAI PROGRAM PENGENDALIAN COVID-19 DAN PEMULIHAN EKONOMI

 

KOMUNIKASI POLITIK DI MASA PANDEMI: ANALISIS ISI UNGGAHAN INSTAGRAM MENGENAI PROGRAM PENGENDALIAN COVID-19 DAN PEMULIHAN EKONOMI

 Yohanes Thianika Budiarsa1, Andreas Pandiangan2

1Universitas Diponegoro

Jalan dr. Antonius Suroyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Indonesia

2Universitas Katolik Soegijapranata

Jl. Pawiyatan Luhur Sel. IV No.1, Bendan Duwur, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Indonesia

 

ABSTRAK

Mengingat persoalan komunikasi politik pada masa krisis pandemi Covid-19, penelitian ini bertujuan untuk memahami komunikasi politik pemerintah, partai pendukung pemerintah, partai oposisi, dan anggota DPR, terkait kebijakan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional di Instagram. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Konten yang dianalisis adalah unggahan Instagram dari para komunikator politik pada periode 1 April 2020 hingga 31 Agustus 2021. Dari analisis isi terhadap 172 unggahan, ditemukan bahwa pemerintah merupakan komunikator politik yang paling aktif membicarakan program pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Komunikasi politik tersebut paling banyak disampaikan dalam bentuk gambar/ foto dan video. Kendati memiliki rata-rata jumlah tagar paling sedikit, komunikasi politik yang dilakukan pemerintah memiliki tingkat engagement tertinggi dari pengikutnya dibanding komunikator politik lain. Studi ini juga menemukan bahwa frekuensi kemunculan pesan tentang program pengendalian Covid-19 lebih tinggi dibanding program pemulihan ekonomi. Pembicaraan mengenai kedisiplinan penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, dan menjaga jarak) paling banyak muncul dalam komunikasi politik. Sementara itu, pesan mengenai program penerapan 3T (tracing, testing, treatment), pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan pemulihan ekonomi melalui program pemberian bantuan ditemukan dengan frekuensi kemunculan yang lebih sedikit.

Kata Kunci: Komunikasi Politik, Analisis Isi, Instagram, Pandemi Covid-19

 

Sumber:

JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA

Vol. 26 No. 1 (Januari – Juni 2022) Hal : 123 - 138

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan