KOMUNIKASI POLITIK DI MASA PANDEMI: ANALISIS ISI UNGGAHAN INSTAGRAM MENGENAI PROGRAM PENGENDALIAN COVID-19 DAN PEMULIHAN EKONOMI
KOMUNIKASI
POLITIK DI MASA PANDEMI: ANALISIS ISI UNGGAHAN INSTAGRAM MENGENAI PROGRAM
PENGENDALIAN COVID-19 DAN PEMULIHAN EKONOMI
Yohanes Thianika Budiarsa1,
Andreas Pandiangan2
1Universitas
Diponegoro
Jalan
dr. Antonius Suroyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Indonesia
2Universitas
Katolik Soegijapranata
Jl.
Pawiyatan Luhur Sel. IV No.1, Bendan Duwur, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang,
Indonesia
ABSTRAK
Mengingat persoalan
komunikasi politik pada masa krisis pandemi Covid-19, penelitian ini bertujuan
untuk memahami komunikasi politik pemerintah, partai pendukung pemerintah, partai
oposisi, dan anggota DPR, terkait kebijakan penanganan Covid-19 dan pemulihan
ekonomi nasional di Instagram. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik
observasi dan dokumentasi. Konten yang dianalisis adalah unggahan Instagram
dari para komunikator politik pada periode 1 April 2020 hingga 31 Agustus 2021.
Dari analisis isi terhadap 172 unggahan, ditemukan bahwa pemerintah merupakan
komunikator politik yang paling aktif membicarakan program pengendalian
Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Komunikasi politik tersebut paling banyak disampaikan
dalam bentuk gambar/ foto dan video. Kendati memiliki rata-rata jumlah tagar
paling sedikit, komunikasi politik yang dilakukan pemerintah memiliki tingkat
engagement tertinggi dari pengikutnya dibanding komunikator politik lain. Studi
ini juga menemukan bahwa frekuensi kemunculan pesan tentang program
pengendalian Covid-19 lebih tinggi dibanding program pemulihan ekonomi.
Pembicaraan mengenai kedisiplinan penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan
menggunakan sabun, dan menjaga jarak) paling banyak muncul dalam komunikasi
politik. Sementara itu, pesan mengenai program penerapan 3T (tracing, testing,
treatment), pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan pemulihan ekonomi melalui
program pemberian bantuan ditemukan dengan frekuensi kemunculan yang lebih
sedikit.
Kata Kunci: Komunikasi
Politik, Analisis Isi, Instagram, Pandemi Covid-19
Sumber:
JURNAL STUDI KOMUNIKASI
DAN MEDIA
Vol. 26 No. 1 (Januari –
Juni 2022) Hal : 123 - 138
Komentar
Posting Komentar