Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Keputusan Pemilihan Hotel (Studi Pada Hotel Nagoya Hill Batam)

 

Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Keputusan Pemilihan Hotel (Studi Pada Hotel Nagoya Hill Batam)

Jemmy Lim

Universitas Internasional Batam

Robby Kurniawan

Universitas Internasional Batam

 

Abstrak

Industri  pariwisata  bisa  dianggap  sebagai  jawaban  untuk  menghadapi berbagai  masalah ekonomi  Indonesia.  Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk   mengetahui   pengaruh   kualitas   pelayanan,   kepercayaan   dan fasilitas  terhadap  keputusan  pemilihan.  Populasi  penelitian  ini  adalah tamu   hotel   yang   menginap   di   Hotel   Nagoya   Hill   Batam   yang berjumlah  2.940  orang.  Sampel   terdiri  dari  352  responden,   yang diambil     dengan     metode     accidental     sampling.     Analisis     data menggunakan  regresi  berganda  dan  uji  hipotesis  serta  menggunakan SPSS   versi   23.   Hasil   penelitian   ini   disimpulkan   bahwa   variabel kualitas     pelayanan    berpengaruh     signifikan     dengan     perolehan signifikansi   0.000<0.05,   variabel   kepercayaan   dengan   perolehan signifikansi  0.000<0.05,  variabel  fasilitas  dengan  perolehan  angka signifikansi 0.000<0.05. Variabel kualitas pelayanan, kepercayaan dan fasilitas  dengan  hasil uji  f  yang  signifikansi  0.000<0.05,  maka  secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Fasilitas, Keputusan Pemilihan

 

Sumber:

Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 5 No 2, Juni 2022

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan