ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KESADARAN MEREK, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PERBANKAN SYARIAH
ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KESADARAN MEREK, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PERBANKAN SYARIAH
(Studi
Kasus pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia di Kota Semarang)
Annisa,
Yoestini
Magister
Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro
Abstrak
Sistem perbankan syariah
saat ini menerima banyak dukungan dan penerimaan dari semua komunitas agama di
seluruh dunia. Bank Muamalat Indonesia adalah bank syariah pertama yang dimiliki
Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan Bank Muamalat Indonesia untuk menarik
minat calon nasabah untuk menggunakan jasa Bank Muamalat Indonesia salah
satunya yaitu memberikan berbagai macam layanan yang dapat membantu para nasabahnya
dalam melakukan transaksi keuangan. Namun, dengan berbagai layanan yang telah
ditawarkan kepadah nasabah, Bank Muamalat Indonesia masih belum bisa
memenangkan persaingan di kategori tabungan syariah. Selain fenomena tersebut,
dalam penelitian terdahulu ditemukan hasil yang belum konsisten antara kualitas
layanan, kesadaran merek, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian. Oleh
karena ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseptual untuk
menggambarkan bagaimana kualitas layanan, kesadaran merek, dan religiusitas
dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada nasabah Bank Muamalat Indonesia di
Kota Semarang. Pengambilan data pada penelitian ini melibatkan 104 responden
dengan metode kueioner yang dibagikan secara online maupun offline. Penelitian
ini mengambil responden yang merupakan nasabah Bank Muamalat Indonesia yang
berdomisili di Kota Semarang. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan
Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan program SPSS versi 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan, kesadaran merek, dan
religiusitas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa religiusitas memiliki pengaruh
yang paling besar terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, semua
hipotesis pada penelitian ini diterima.
Kata Kunci: Kualitas Layanan,
Kesadaran Merek, Religiusitas, Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumen, Bank
Muamalat Indonesia
Sumber:
Jurnal Akuntansi dan Pajak, 24(01), 2023, p.1-10
Komentar
Posting Komentar