Analisis Penggunaan Digital Marketing Sebagai Upaya Pemulihan Pariwisata Di Era New Normal (Studi Kasus Pada Taman Kyai Langgeng Magelang)
Analisis Penggunaan Digital Marketing Sebagai Upaya
Pemulihan Pariwisata Di Era New Normal (Studi Kasus Pada Taman Kyai Langgeng Magelang)
Astin
Arofah1, Andhatu Achsa2
Jurusan
Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar Magelang, Indonesia1
Jurusan
Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar Magelang, Indonesia2
Abstrak:
Digital marketing di era
saat ini menjadi sangat penting terutama dalam memasarkan suatu produk kususnya
pariwisata. Penelitisn ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan
digital marketing yang dilakukan oleh Taman Kyai Langgeng dan untuk
mendeskripsikan digital marketing yang diterapkan dapat menarik minat wisatawan
atau tidak di era new normal ini. Metode yang digunakan adalah kualitatif
dengan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan pencarian perhitungan mean (ratarata),
presentase, dan modus atau respon yang sering muncul dalam hasil kuesioner.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berasal dari observasi, penyebaran
kuesioner, dan studi pustaka sedangkan pengukuran penelitian dilakukan
menggunakan skala likert. Hasil penelitian dan pembahasan menggunakan model
AISAS tersebut menunjukkan bahwa penggunaan digital marketing Taman Kyai
Langgeng kurang maksimal. Penerapan digital marketing yang kurang maksimal
tersebut tentu berdampak pada minat wisatawan dalam mengunjungi Taman Kyai Langgeng
dan pemulihan pariwisata di era new normal ini belum tercapai karena kurangnya
minat wisatawan dalam mengunjungi Taman Kyai Langgeng.
Kata Kunci: AISAS;
digital marketing; minat wisatawan; pariwisata
Sumber:
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN
DAN BISNIS
JAMBURA: Vol 5. No 1.
2022
Komentar
Posting Komentar