Meta-Analisis : Pengaruh Pendekatan STEM berbasis Etnosains Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Siswa
Meta-Analisis : Pengaruh Pendekatan STEM berbasis
Etnosains Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Siswa
Abdul
Rahman1, Yayat Suharyat2, Ilwandri3, Tomi Apra
Santosa4, Aulia Sofianora5, Revi Gina Gunawan6,
Ringgo Putra7
(1)Pendidikan
Ilmu Sosial, FKIP, Universitas Sebelas Maret
(2)Pendidikan
Agama Islam, FKIP, Universitas Islam 45 Bekasi
(3)(4)(6)
Pendidikan
IPA, FMIPA, Universitas Negeri Padang
(5)PPG,
FKIP, Universitas Jambi
(7)MagisterPendidikan
Agama Islam, FTIK UIN Imam Bonjol Padang
Abstrak
Tujuan penelitian
ini adalah untuk
mengetahui pengaruh pendekatan
STEM berbasis etnosains
terhadap kemampuan pemecahan masalah
dan berpikir kreatif
siswa. Jenis penelitian
ini adalah meta-analisis. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari
13 jurnal nasional maupun internasional yang terbit 2016-2023. Penelusuran
artikel melalui database
goole scholar, ScienceDirect, Eric
dan Embase. Teknik
pengumpulan data melaluiobservasi langsung dari database
jurnal. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan
aplikasi Comprehensive Meta-Analysis (CMA). Hasil penelitian ini menunjukan
nilai effect size (ES) sebesar 0.785dengan kriteria tinggi. Temuan ini
menunjukan bahwa pendekatan STEM mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap kemampuan pemecahan
masalah dan kreativitas
siswa dalam belajar.
Selanjutnya, penerapan pendekatan
STEM berbasis etnosains mampu mengenalkan kearifan lokal kepada siswa.
Kata kunci: STEM,
Etnosains, Kearifan Lokal, Pemecahan Masalah dan Kreativitas
Sumber:
INNOVATIVE: Journal Of
Social Science Research
Volume 3 Nomor 2 Tahun
2023 Page 2111-2125
Komentar
Posting Komentar