Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi

 

Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi

Adit Trinaldi1, Siti Enik Mukhoiyaroh Bambang2, Mefliza Afriani3, Febrizka Alya Rahma4, Rustam5

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, UniversitasJambi, Indonesia1,2,3,4,5

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini  ialah melihat penggunaan  bahan ajar berbasis teknologi informasi  yang digunakan oleh guru. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti  adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data penelitian  yang  digunakan  hasil  dari  kuisioner  dan  wawancara  guru  di  provinsi  Jambi. Validitas  data menggunakan triangulasi data dengan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menghasilkan bahan ajar berbasis teknologi informasi yang sesuai dengan zaman, guru di provinsi Jambi perlu melakukan  evaluasi  dalam  bentuk  analisis  kebutuhan  penggunaan  bahan  ajar  berbasis  teknologiinformasi dengan  memperhatikan:  1)  bahan  ajar  berbasis  teknologi  informasi  yang  efisien,  2)  kegiatan  pembelajaran dengan  komponen  yang  saling  melengkapi.  3)  bahan  ajar  berupa  audio,  audiovisual,  visual  dan  interaktif  4) analisis kebutuhan menjadi proses pemecahan masalah penggunaan bahan ajar berbasis teknologi informasi.

Kata Kunci: persepsi, analisis, bahan ajar, teknologi informasi, pendidikan

 

Sumber:

JURNAL BASICEDU

Volume 6 Nomor 6 Tahun 2022

Halaman 9304-9314

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan