Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi
Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis
Teknologi Infomasi
Adit
Trinaldi1, Siti Enik Mukhoiyaroh Bambang2, Mefliza
Afriani3, Febrizka Alya Rahma4, Rustam5
Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia, UniversitasJambi, Indonesia1,2,3,4,5
Abstrak
Tujuan penelitian
ini ialah melihat penggunaan bahan ajar berbasis teknologi informasi yang digunakan oleh guru. Metode penelitian
yang digunakan oleh peneliti adalah
kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data penelitian yang
digunakan hasil dari
kuisioner dan wawancara
guru di provinsi
Jambi. Validitas data menggunakan
triangulasi data dengan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa untuk menghasilkan bahan ajar berbasis teknologi informasi yang sesuai
dengan zaman, guru di provinsi Jambi perlu melakukan evaluasi
dalam bentuk analisis
kebutuhan penggunaan bahan
ajar berbasis teknologiinformasi dengan memperhatikan: 1)
bahan ajar berbasis
teknologi informasi yang
efisien, 2) kegiatan
pembelajaran dengan komponen yang
saling melengkapi. 3)
bahan ajar berupa
audio, audiovisual, visual
dan interaktif 4) analisis kebutuhan menjadi proses
pemecahan masalah penggunaan bahan ajar berbasis teknologi informasi.
Kata Kunci: persepsi,
analisis, bahan ajar, teknologi informasi, pendidikan
Sumber:
JURNAL BASICEDU
Volume 6 Nomor 6 Tahun
2022
Halaman 9304-9314
Komentar
Posting Komentar