Analisis Kebutuhan Mahasiswa pada Pembelajaran Menulis Feature
Analisis Kebutuhan Mahasiswa pada Pembelajaran Menulis
Feature
Lira
Hayu Afdetis Mana
Universitas
PGRI Sumatera Barat
Laspida
Harti
STKIP
YDB Lubuk Alung
Abstrak
Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh kebutuhan
mahasiswa dalam hal
materi pembelajaran menulis
kreatif khususnya
menulisfeatureyang lebih lengkap
dan bimbingan dari dosen
untuk menghasilkan
featureyang lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis kebutuhan siswa
dalam pembelajaran menulis
kreatif, khususnya menulis
featuredi Universitas PGRI
Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan metode
deskriptif. Populasi penelitian
ini adalah seluruh mahasiswa
Program Studi Pendidikan
Bahasa danSastra Indonesia semester ganjil2021/2022 yang
mengambil mata kuliah
menulis kreatif. Sampel penelitian ini adalah sesi C yang
terdiri dari 38 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesionerberdasarkan:(1) kebutuhan mahasiswa (needs)terhadap pembelajaran
menulis feature, (2) kekurangan atau kelemahan mahasiswa (lacks)dalam pembelajaran menulis feature, dan (3) keinginan atau harapan
mahasiswa (wants)terkait
pembelajaran menulis feature.Kuesioner diisi oleh siswa pada google formdan
disebarkan melalui grup WhatsApp(WA). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa
kebutuhan siswauntuk pengajaran menulis featureadalah: (1)
sebagian besar siswa membutuhkan kebebasan
dalam menentukan topik featuredengan persentase
63%, (2) sebagian besar
siswa sangat membutuhkan
konsep lengkap penulisan featuredengan persentase 76%,(3)
sebagian besar mahasiswa membutuhkan
bimbingan dosen dalam menulis featuredengan persentase
72%, (4) sebagian
besar mahasiswa menginginkan lebih banyak
materi tentang featuredengan persentase
85%. Kesimpulannya, dapat dinyatakan bahwa
siswa membutuhkan informasi yang lebih detailtentang pembelajaran penulisan
featureuntuk mendapatkan pemahaman yang mendalam.
Kata kunci: analisis
kebutuhan, mahasiswa, menulis feature
Sumber:
Lectura: Jurnal
Pendidikan
Volume 14, Nomor 1,
Februari 2023, Halaman 126-140
Komentar
Posting Komentar