Implementasi Kebijakan Pajak Reklame di Kota Cilegon

 

Implementasi Kebijakan Pajak Reklame di Kota Cilegon

 Baihaki1, Alan Hidayat2*

1Dewan Perwakilan Daerah Kota Cilegon

Jl. Jenderal Sudirman Purwakarta, Cilegon, Banten, Indonesia

2Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta, Indonesia

 

Abstrak –

Latar belakang penelitian ini karena adanya ketertarikan penulis melihat fenomena tidak tercapainya target penerimaan pajak reklame selama beberapa tahun terakhir, bahkan realisasinya di bawah 30% dari target yang telah ditetapkan Pemerintah Kota Cilegon. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana implementasi kebijakan pajak reklame di Kota Cilegon Provinsi Banten. Teori yang digunakan adalah teori dari Smith bahwa ada empat dimensi yang terdapat dalam implementasi kebijakan; Idealized Policy, Target Group, Implementing Organization dan Enviromental factors. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive yaitu pemilihan informan berdasarkan pertimbangan tertentu yang dilakukan peneliti, sesuai dengan kebutuhan data penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa implementasi kebijakan pajak reklame di Kota Cilegon pada dimensi Idealized Policy, Target Groups, dan Environmental Faktors belum maksimal. Adapun pada dimensi pada tataran organisasi pelaksana sudah berjalan cukup baik.

Kata Kunci: Pajak, Reklame, Smith, Kebijakan, Implementasi

 

Sumber:

Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora

Vol. 03, No. 02 (2021), pp. 72-86

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan