ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS DENGANPERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK KELASV PADA BUKU TEMATIK TEMA 8 SUB TEMA 3 MEMELIHARA EKOSISTEM
ANALISIS
STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS DENGANPERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA
DIDIK KELASV PADA BUKU TEMATIK TEMA 8 SUB TEMA 3 MEMELIHARA EKOSISTEM
Siti
Mastiyah
Pascasarjana
UIN Sunan Kalijaga Jurusan Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah
Konsentrasi Sains Universitas Islam Negeri Sunan KaliJagaYogyakarta
Abstrak:
Tujuan dari
penelitian ini adalah
1) Untuk mengetahui strategi
pembelajaran apa yang sesuai dengan buku
tematik pada tema 8, memelihara ekosistem di kelas V Sekolah Dasar 2)Untuk
mengetahui psikologi perkembangan
apa yang muncul
dalam strategi pembelajaran
yang sesuai dengan buku tematik pada tema 8, memelihara ekosistem di kelas V
Sekolah Dasar. Metode penelitian
yang digunakan yaitu
penelitian kepustakaan
(library research),Adapun tehnik
analisis yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teknik
analisis(content analysis.)Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
strategi yang sesuai dengan buku tematik
pada tema 8, memelihara ekosistem di kelas V Sekolah Dasar yaitu perpaduan
antara strategi question students havedan Picture and
Picture. Dalam perpaduan dua
strategi tersebut terdapat
aspek perkembangan psikologi anak
yaitu aspek kognitif
dan sosial.
Kata Kunci : Strategi
Pembelajaran Sains, Psikologi Perkembangan, Buku Tematik
Sumber:
Jurnal Mitra Pendidikan (JMP
Online)
Vol 2, No. 4, 416-429
Komentar
Posting Komentar