ANALISIS KELAYAKAN USAHA FRESCURA DITINJAU DARI EMPAT PILAR KELAYAKAN USAHA
ANALISIS
KELAYAKAN USAHA FRESCURA DITINJAU DARI EMPAT PILAR KELAYAKAN USAHA
Lucky
Meisya Wandreina 1), Yemima Thorchi2), Kuntum Kinanthi
Putri3), Grace Triana Kristianty4), Andiani Salsa Sabrina5),
Ermita Yusida6)
Universitas
Negeri Malang, Indonesia1,2,3,4,5,6
ABSTRAK
Frescura merupakan usaha
berbasis kesehatan dan kecantikan dengan shower filter. Frescura shower filter
dilengkapi dengan komponen filtrasi air, bola ionic negative, ceramics ball,
dan water beads essence dengan yang dapat meningkatkan kualitas air, mencegah penuaan,mengobati
kulit iritasi serta memiliki daya anti bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
kelayakan usaha menggunakan teknik pengumpulan data sekunder ditinjau dari aspek
pasar dan pemasaran, teknis dan produksi, manajemen usaha, keuangan, serta
intangible asset. Analisis pasar dan pemasaran menunjukan bahwa Frescura
memiliki prospek pasar yang menjanjikan. Analisis teknis dan produksi
menunjukkan bahwa bahan dan alat yang digunakan sudah terjamin kebersihannya.
Analisis manajemen usaha menunjukan bahwa setiap pekerja sudah menjalankan
jobdesk sesuai keahliannya. Analisis keuangan menunjukkan Payback Period usaha
sebesar 4 bulan, NPV sebesar 256.436.202, IRR sebesar 310,75%, serta benefits cost
ratio sebesar 2. Analisis berdasarkan intangible assets menunjukkan bahwa
Frescura shower filter relevan dengan keadaan yang sedang terjadi dan layak
untuk dilanjutkan.
Kata Kunci: industri
kecantikan, kelayakan usaha, shower filter, staphylococcus aureus
Sumber:
JAMBURA ECONOMIC
EDUCATION JOURNAL
Volume 4 No 1 January
2022
Komentar
Posting Komentar