ANALISIS KELAYAKAN USAHA FRESCURA DITINJAU DARI EMPAT PILAR KELAYAKAN USAHA

 

ANALISIS KELAYAKAN USAHA FRESCURA DITINJAU DARI EMPAT PILAR KELAYAKAN USAHA

Lucky Meisya Wandreina 1), Yemima Thorchi2), Kuntum Kinanthi Putri3), Grace Triana Kristianty4), Andiani Salsa Sabrina5), Ermita Yusida6)

Universitas Negeri Malang, Indonesia1,2,3,4,5,6

 

ABSTRAK

Frescura merupakan usaha berbasis kesehatan dan kecantikan dengan shower filter. Frescura shower filter dilengkapi dengan komponen filtrasi air, bola ionic negative, ceramics ball, dan water beads essence dengan yang dapat meningkatkan kualitas air, mencegah penuaan,mengobati kulit iritasi serta memiliki daya anti bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan usaha menggunakan teknik pengumpulan data sekunder ditinjau dari aspek pasar dan pemasaran, teknis dan produksi, manajemen usaha, keuangan, serta intangible asset. Analisis pasar dan pemasaran menunjukan bahwa Frescura memiliki prospek pasar yang menjanjikan. Analisis teknis dan produksi menunjukkan bahwa bahan dan alat yang digunakan sudah terjamin kebersihannya. Analisis manajemen usaha menunjukan bahwa setiap pekerja sudah menjalankan jobdesk sesuai keahliannya. Analisis keuangan menunjukkan Payback Period usaha sebesar 4 bulan, NPV sebesar 256.436.202, IRR sebesar 310,75%, serta benefits cost ratio sebesar 2. Analisis berdasarkan intangible assets menunjukkan bahwa Frescura shower filter relevan dengan keadaan yang sedang terjadi dan layak untuk dilanjutkan.

Kata Kunci: industri kecantikan, kelayakan usaha, shower filter, staphylococcus aureus

 

Sumber:

JAMBURA ECONOMIC EDUCATION JOURNAL

Volume 4 No 1 January 2022

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan