ANALISIS KEBUTUHAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PADA PELESTARIAN TARI TANGGAI KOTA PALEMBANG SUMATERA SELATAN ERA PANDEMI COVID-19
ANALISIS
KEBUTUHAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PADA PELESTARIAN TARI TANGGAI KOTA
PALEMBANG SUMATERA SELATAN ERA PANDEMI COVID-19
Halimah Agustin1, Wahyu
Lestari2, Sunarto3
1)
Pendidikan Seni, Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
2)
Pendidikan Seni, Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
3)
Pendidikan Seni, Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis kebutuhan proses pembelajaran tari Tanggai dalam nilai-nilai
pendidikan karakter anak di sanggar puteri batang hari sembilan era pandemi
covid-19. Fokus permasalahan pada kebutuhan nilai-nilai pendidikan karakter
anak pada pelestarian tari Tanggai di Kota Palembang Sumatera Selatan Era
Pandemi Covid-19. Metode penelitian yaitu metode penelitian kualitatif melalui
pendekatan secara naratif dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus
terpancang. Kajian ini menyimpulkan bahwa kebutuhan kegiatan strategi dalam
penanaman karakter pada pembelajaran tari Tanggai di Sanggar Puteri Batang Hari
Sembilan Kota Palembang dilihat dari komponen-komponen tahapan pembelajarannya.
Wujud dalam pelestariaan tari Tanggai dapat diteruskan melalui pembelajaran
secara nonformal. Analisis kebutuhan dalam proses pembelajaran tari Tanggai
memiliki nilai-nilai pendidikan yang tertuang di dalamnya yaitu nilai religi,
nilai solidaritasa, nilai edukasi ketekunan, kejujuran, keteladanan dan cinta
pada kesenian tradisi setempat yang menghadirkan sikap menjaga budaya tradisi
terkhusus pada tari Tanggai.
Kata kunci: Pendidikan
Tari, Nilai-Narakter Anak Pada Proses Pembelajaran Tari Tanggai
Sumber:
Jurnal Pendidikan Seni
& Seni Budaya
Vol 7 No 1 Februari 2022
Komentar
Posting Komentar