ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
ANALISIS
PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Yudhi
Fachrudin
STAI
Binamadani
ABSTRAK
Pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam termasuk rumpun
keilmuan Pendidikan Agama
Islam. Dalam penerapa nnya, berkembang diskursusberkenaan konsep keilmuan
SKI di MI, MTs dan MA, cakupan materi SKI, praktik pembelajaran sampai evaluasi
pembelajaran SKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep
sisejarah kebudayaan Islam (SKI),
tujuan pembelajaran SKI, isi
materi SKI (MI, MTs,
dan MA), strategi pembelajaran SKI serta
evalua si pembelajaran SKI. Penelitian
ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif dengan analisis
dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran SKI perlu
dikembangkan secara utuh, tidak hanya pengetahuan dan hafalan, cakupan materi
SKI yang luas, praktik pembelajaran SKI berlangsung kurang menarik minat siswa,
serta evaluasi pembelajaran belum
maksimal diterapkan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran SKI.
Kata Kunci: Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam
Sumber:
Jurnal pemikiran dan pendidikan
dasar
Komentar
Posting Komentar