ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM MENULIS SURAT RESMI SISWA SMP DI KOTA PADANG
ANALISIS
KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM MENULIS SURAT RESMI SISWA SMP DI KOTA
PADANG
Kusmadi
Sitohang1, Ninit Alfianika2*
Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Prima Indonesia, Indonesia1
Pendidikan
Agama Islam, UIN Walisongo Semarang, Indonesia2
Abstrak
Penelitian ini
dilatarbelakangi pentingnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
dalam menulis surat resmi, kenyataannya masih ditemukan kesalahan berbahasa
dalam surat resmi siswa. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan kesalahan
penggunaan ejaan, diksi, morfologi, dan sintaksis dalam menulis surat resmi siswa
SMP di Kota Padang. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan
menggunakan metode deskripsi analisis. Data penelitian ini adalah kesalahan
berbahasa dalam surat resmi yang ditulis siswa di Kota Padang. Teknik
pengumpulan data berupa teknik dokumentasi, yaitu surat resmi yang ditulis
siswa. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian,
disimpulkan hal-hal berikut, Pertama, ditemukan 8 kesalahan penggunaan EYD yang
terdiri dari 3 kesalahan penulisan huruf dan 5 kesalahan penggunaan tanda baca.
Kedua, Ditemukan sebelas kesalahan penggunaan diksi. Ketiga, Ditemukan dua
kesalahan morfologi. Keempat, Ditemukan 24 kesalahan sintaksis. Jadi, dapat
disimpulkan bahwa ditemukan kesalahan berbahasa dalam penulisan surat resmi
siswa SMP di Kota Padang dari ejaan, diksi, morfologi, dan sintaksis.
Kata kunci:
kesalahan berbahasa, surat
resmi, SMP
Sumber:
Stilistika: Jurnal
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol. 15 No. 1, Januari
2022, hal 64-76
Komentar
Posting Komentar