ANALISIS POLITIK DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM PADA AWAL ORDE REFORMASI (1998-2004)
ANALISIS
POLITIK DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM PADA AWAL ORDE REFORMASI (1998-2004)
Amin
Maghfuri
Universitas
Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
ABSTRAK
Kondisi dan
keberadaan pendidikan Islam di
Indonesiahari initidak bisa dilepaskan darisejarah
panjang yang berkenaan
denganpengaruh konstelasi
politik serta kebijakan-kebijakan yang
lahir pada periode-periode sebelumnya. Era reformasi
yang lahir pasca-tumbangnya orde
baru memencikkan harapan baru
akan kondisi yang
demokratis di semua
bidang, termasuk pendidikan. Artikel ini dimaksudkan untuk
menganalisis kondisi sosial-politik pada masa awal reformasi serta pengaruhnya
terhadap lahirnya kebijakan dan kondisi pendidikan Islam pada
masa tersebut.Metode yang
digunakan adalah analisis
isi dimana rujukan utamanya
adalah buku dan
data lainnya yang
berkaitan dengan tulisan ini. Hasil analisis
menunjukkan bahwa gejolak
yang terjadi pada
awal era reformasi menyita
perhatian pemerintah untuk
melakukan stabilisasi di
bidang politik dan keamanan. Penentuan arah baru atau reformasi
pendidikan –termasuk pendidikan
Islam–baru tampak setelah
kondisi politik dan
keamanan stabil. Hasil yang
paling menonjol dari upaya reformasi pendidikan
tersebut tampak dalam Undang-Undang
tentang Sistem Pendidikan Nasional
yang terbit pada tahun 2003.
Kata Kunci: Kebijakan
Pendidikan Pendidikan Islam
Sumber:
TADBIR: Jurnal Manajemen
Pendidikan Islam
Volume 8, Nomor 1:
Februari 2020
Komentar
Posting Komentar