ANALISIS TOTAL QUALITY CONTROL SEBAGAI UPAYA MEMINIMALISASI RESIKO KERUSAKAN PRODUK OTOMOTIF PADA PT. XYZ
ANALISIS
TOTAL QUALITY CONTROL SEBAGAI UPAYA MEMINIMALISASI RESIKO KERUSAKAN PRODUK
OTOMOTIF PADA PT. XYZ
Maulidhatus
Shania1), Rista Juni Andryani2), Christabela Jesselyn3),
dan Isna Nugraha4)
1,
2,3,4)Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik
Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Jl.
Rungkut Madya Surabaya 60294
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan
untuk mengetahui pendekatan Total Quality Control sebagai upaya meminimalisasi
resiko kerusakan produk dan faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan kualitas
produk pada PT. XYZ. Metode yang digunakan dalam analisis data di penelitian
ini adalah 7 analisis statistik yaitu menggunakan peta kendali P, Diagram
control cacat 100 persen, diagram sebab akibat dan metode kaizen. Berdasarkan
hasil analisis menggunakan Peta Kendali P dapat diketahui bahwa nilai rata-rata
kerusakan produk atau CL sebesar 0,0025 dan didapatkan bahwa proses tidak
berada dalam batas kendali atau masih terjadi penyimpangan, dimana dari 12
periode hanya 3 periode yang ada dalam batas kendali produk yaitu UCL sebesar
0,0031 dan LCL sebesar 0,0019. Sedangkan dengan menggunakan diagram kontrol
cacat 100% inspection diketahui bahwa nilai CL sebesar 0,00252 dan disimpulkan
bahwa hasil pengendalian kualitas produk dikatakan kurang baik karena dari 12
periode ada 9 periode yang berada di luar batas kendali produk yaitu UCL
sebesar 0,00308 dan LCL sebesar 0,00194. Berdasarkan hasil analisis menggunakan
diagram sebab akibat faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan kualitas produk adalah
manusia, mesin, metode dan lingkungan, dan dianalisis menggunakan metode kaizen
yang menunjukkan bahwa pengawasan harus terus dilakukan untuk menjaga kualitas
produk dengan mengawasi kinerja pegawai, memberikan intruksi yang jelas kepada
pegawai sehingga metode dan faktor manusia dapat terlaksa dengan baik, untuk
faktor lingkungan yaitu mengawasi gudang dan membersihkan gudang, sedangkan
faktor mesin yaitu melakukan perawatan mesin agar mesin tetap optimal.
Kata Kunci: Total Quality
Control, Faktor Kegagalan Kualitas, Kerusakan Produk, Pengendalian
Kualitas.
Komentar
Posting Komentar