ANALISIS LANDASAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM
ANALISIS
LANDASAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM
Farrah
Camelia
Pendidikan
Agama Islam, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Abstrak
Kemajuan suatu negara
didukung oleh kualitas sumber daya manusia di dalamnya, kemajuan teknologi dan
pengetahuan merupakan dua hal yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan negara
tersebut. Tantangan masa depan berupa perkembangan teknologi informasi,
konvergensi ilmu dan teknologi, kemajuan industri kreatif dan budaya, pengaruh
serta dampak teknosains, menuntut pelaksanaan pengembangan kurikulum dengan
landasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih komprehensif. Kajian ini
bertujuan untuk menambah wawasan pembaca mengenai pentingnya peningkatan mutu
sumber daya manusia dengan memperbaiki pendidikan di Indonesia, salah satunya melalui
pengembangan kurikulum yang berlandaskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Metode
penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil kajian
menjelaskan bahwa lembaga pendidikan khususnya jalur sekolah harus mampu menunjang
dan mengantisipasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahan ajar atau
materi sepatutnya hasil perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
kontemporer, baik berkaitan dengan hasil perolehan informasi, ataupun cara
memperoleh informasi tersebut dan memanfaatkannya untuk masyarakat. Dibutuhkan pemanfaatan,
pengembangan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi supaya memberi implikasi
terhadap pengembangan sumber daya manusia.
Kata Kunci : Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi, Kurikulum
Sumber:
SAP (Susunan Artikel
Pendidikan)
Vol. 5 No. 1 Agustus 2020
Komentar
Posting Komentar