Analisis Kebutuhan Penggunaan Papan Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Mengenal Bilangan Pecahan Kelas II SD
Analisis Kebutuhan Penggunaan Papan Pecahan Sebagai
Media Pembelajaran Matematika pada Materi Mengenal Bilangan Pecahan Kelas II SD
Elti
Mulyani1, Ika Yatri2
1,
2Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamaadiyah
Prof. Dr. Hamka, Jl.Tanah MerdekaNo 20, Jakarta Timur, Indonesia
Abstrak
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui
seberapa pentingnya kebutuhan
penggunaan media papan
pecahan dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi mengenal
bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam
penelitian ini ialah peserta didik kelas II yang terdiri dari empat kelas A, B,
C, D dengan jumlah 123 siswa dan 1 wali kelas II. Teknik pengumpulan data yang
digunakan antara lain tes dan wawancara. Penelitian dan pengambilan data
dilaksanakan secara langsung. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat
kebutuhan penggunaan papan
pecahan sebagai media
pembelajaran matematika pada
materi mengenal bilangan pecahan
karena siswa bisa
menentukan, mengelompokkan dan
membedakan bilangan pecahan. Subjek dalam penelitian ini menjawab tes
yang dominan “baik” setelah penggunaan media didalam pembelajaran matematika.
Dari penelitian ini
bisa terlihat siswa
membutuhkan media papan pecahan
untuk menambah keaktifan siswa
dalam pembelajaran, siswa
tidak bosan dalam
proses pembelajaran dan juga
bisa lebih paham akan materi
yang disampaikan. Penelitian yang
lebih lanjut bisa
disarankan untuk melakukan pengembangan media papan pecahan
untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa.
Kata kunci: Analisis
Kebutuhan, Mengenal Bilangan Pecahan, Papan Pecahan, Pembelajaran Matematika
Sumber:
Jurnal Cendekia: Jurnal
Pendidikan Matematika
Volume 06, No. 02, Juli 2022,
pp. 2191-2201
Komentar
Posting Komentar