META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI

 

META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI

Ika Kurniati1) dan Tatu Hilaliyah2)

Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

 

Tujuan    penulisan    ini    adalah untuk    menganalisis    model pembelajaran  bahasa  Indonesia  terhadap  kemampuan  menulis puisi. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari 10 jurnal yang terkait  dengan  permasalahan  yang  akan  diteliti.  Metode  yang digunakan adalah meta analisis bersifat kuantitatif deskriptif yang bertujuan   untuk   mendeskripsikan   keterampilan   menulis   puisi dengan   menggunakan   model-model   pembelajaran   yang   lebih efisien.  Meta  analisis  digunakan  untuk  memetakan  objek  studi yang  terpilih  dalam  penelitian  ini. Adapun  hasil  penelitian  ini adalah  model  pembelajaran  bahasa  Indonesia  dalam  menulis puisi  bertujuan  untuk  menguji  keefektifan  dan  mengembangkan pembelajaran   dengan persentase70%,   model   pembelajaran Quantum   dan   Intruksi   Langsung   lebih   efektif   di   SD,   model pembelajaran  Sinektik  lebih  efektif  di  SMP,  sedangkan  model pembelajaran  Inkuiri  lebih  efektif  di  jenjang  SMA/SMK.  Desain penelitian  yang  digunakan  adalah  metode  eksperimen  mencapai 70%. Model pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis puisi lebih  tepat  menggunakan  metode  atau  teknik  pengumpulan  data dalam bentuk tes dengan persentase70%.

Kata-kata  Kunci: meta analisis,  model  pembelajaran,  menulis puisi.

 

Sumber:

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti

Volume 10, Nomor 1 Tahun 2023

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan