META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI
META
ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI
Ika
Kurniati1) dan Tatu Hilaliyah2)
Program
Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Tujuan penulisan
ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran bahasa
Indonesia terhadap kemampuan
menulis puisi. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari 10 jurnal
yang terkait dengan permasalahan
yang akan diteliti.
Metode yang digunakan adalah meta
analisis bersifat kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan
keterampilan menulis puisi dengan menggunakan
model-model pembelajaran yang
lebih efisien. Meta analisis
digunakan untuk memetakan
objek studi yang terpilih
dalam penelitian ini. Adapun
hasil penelitian ini adalah
model pembelajaran bahasa
Indonesia dalam menulis puisi
bertujuan untuk menguji
keefektifan dan mengembangkan pembelajaran dengan persentase70%, model
pembelajaran Quantum dan Intruksi
Langsung lebih efektif
di SD, model pembelajaran Sinektik
lebih efektif di
SMP, sedangkan model pembelajaran Inkuiri
lebih efektif di
jenjang SMA/SMK. Desain penelitian yang
digunakan adalah metode
eksperimen mencapai 70%. Model pembelajaran
bahasa Indonesia dalam menulis puisi lebih
tepat menggunakan metode
atau teknik pengumpulan
data dalam bentuk tes dengan persentase70%.
Kata-kata Kunci: meta analisis, model
pembelajaran, menulis puisi.
Sumber:
Jurnal Ilmiah Pendidikan
Citra Bakti
Volume 10, Nomor 1 Tahun
2023
Komentar
Posting Komentar