ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DARING MASA PANDEMI COVID-19

 

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DARING MASA PANDEMI COVID-19

Heri Susanto1*, Widyavera Irmanita2, Muhamad Meidy Syurbakti3, Fathurrahman4

Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan

 

Abstrak:

Pandemi Covid-19 yang terjadi telah memaksa perubahan mendasar pada aktivitas pembelajaran di sekolah. Pembelajaran daring menjadi alternative untuk dilakukan oleh seluruh satuan pendidikan. Guru dan siswa dipaksa untuk beradaptasi secara cepat dan membiasakan diri dengan berbagai media digital dalam proses pembelajaran. Kondisi tersebut menyebabkan munculnya berbagai kendala dalam pelaksanaanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan tujuan melakukan sebuah studi evaluatif penggunaan media digital dalam pembelajaran sejarah. Temuan penelitian menunjukkan terdapat kendala teknis, substansial, dan instruksional dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Pembelajaran sejarah di SMA Negeri 7 Banjarmasin menggunakan WhatsApp, google classroom, dan zoom meeting yang berdiri sendiri-sendiri sehinggan belum memenuhi kriteria learning management system yang ideal untuk pembelajaran daring. Kondisi tersebut memberikan gambaran bahwa diperlukan langkah perbaikan dengan menyediakan sebuah Learning Management System yang mengakomodir seluruh aktivitas untuk mendukung kelancaran pembelajaran daring.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Digital, Pembelajaran Sejarah, Covid-19

 

Sumber:

Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah

 Vol. 8 No. 1 Tahun 2022

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan