ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DARING MASA PANDEMI COVID-19
ANALISIS
PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DARING MASA PANDEMI
COVID-19
Heri
Susanto1*, Widyavera Irmanita2, Muhamad Meidy Syurbakti3,
Fathurrahman4
Pendidikan
Sejarah FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Abstrak:
Pandemi Covid-19 yang
terjadi telah memaksa perubahan mendasar pada aktivitas pembelajaran di sekolah.
Pembelajaran daring menjadi alternative untuk dilakukan oleh seluruh satuan
pendidikan. Guru dan siswa dipaksa untuk beradaptasi secara cepat dan
membiasakan diri dengan berbagai media digital dalam proses pembelajaran.
Kondisi tersebut menyebabkan munculnya berbagai kendala dalam pelaksanaanya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan tujuan melakukan sebuah
studi evaluatif penggunaan media digital dalam pembelajaran sejarah. Temuan penelitian
menunjukkan terdapat kendala teknis, substansial, dan instruksional dalam pembelajaran
sejarah di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Pembelajaran sejarah di SMA Negeri 7
Banjarmasin menggunakan WhatsApp, google classroom, dan zoom meeting yang
berdiri sendiri-sendiri sehinggan belum memenuhi kriteria learning management system
yang ideal untuk pembelajaran daring. Kondisi tersebut memberikan gambaran bahwa
diperlukan langkah perbaikan dengan menyediakan sebuah Learning Management System
yang mengakomodir seluruh aktivitas untuk mendukung kelancaran pembelajaran daring.
Kata Kunci: Media
Pembelajaran Digital, Pembelajaran Sejarah, Covid-19
Sumber:
Candrasangkala: Jurnal
Pendidikan dan Sejarah
Vol. 8 No. 1 Tahun 2022
Komentar
Posting Komentar