Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi
Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner
Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery
Onlinedi Masa Pandemi
Rina Irawati
STIE Malangkucecwara
Abstrak
Inovasi terus dilakukan, system berdagang baru
bermunculan, sedangkan teknologi selalu mengalami kemajuan. Anak muda tentu saja
menjadi yang lebih dekat dengan kecanggihan teknologi dan kemajuan internet. Tidak
heran kalau pengguna online delivery services mayoritas berasal dari kalangan millennials.
Mayoritas dari mereka berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa yang justru
belum memiliki penghasilan sendiri. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh
antara e-marketing mix terhadap minat beli generasi millennial pada platform delivery
food online. Komponen e-marketing mix yang digunakan adalah pengembangan model
dari Kalyanam & McIntyre (2002). Sampel penelitian 98 mahasiswa aktif STIE
Malangkucecwara Malang angkatan 2021/2022 dengan teknik purposive sampling. Hasil
analisis uji t (parsial), diketahui bahwa e-marketing mix yang terdiri dari Product
(X1), Place (X2), Promotion (X3), Place (X4), Community (X5), Site (X6) dan
Customer Service (X7) berpengaruh
terhadap minat beli generasi Millenial pada delivery food online (Y).
Penelitian ini berhasil membuktikan hipotesis yang telah terbentuk.
Kata Kunci: E-Marketing Mix, Minat Beli, Generasi
Millenial, Food Delivery Online
Sumber publikasi Jurnal Penelitian Manajemen Terapan; Vol.
7 No. 1 (2022)
Komentar
Posting Komentar