Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

 

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

 

Rina Irawati

STIE Malangkucecwara

 

Abstrak

 

Inovasi terus dilakukan, system berdagang baru bermunculan, sedangkan teknologi selalu mengalami kemajuan. Anak muda tentu saja menjadi yang lebih dekat dengan kecanggihan teknologi dan kemajuan internet. Tidak heran kalau pengguna online delivery services mayoritas berasal dari kalangan millennials. Mayoritas dari mereka berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa yang justru belum memiliki penghasilan sendiri. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh antara e-marketing mix terhadap minat beli generasi millennial pada platform delivery food online. Komponen e-marketing mix yang digunakan adalah pengembangan model dari Kalyanam & McIntyre (2002). Sampel penelitian 98 mahasiswa aktif STIE Malangkucecwara Malang angkatan 2021/2022 dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis uji t (parsial), diketahui bahwa e-marketing mix yang terdiri dari Product (X1), Place (X2), Promotion (X3), Place (X4), Community (X5), Site (X6) dan Customer Service (X7)  berpengaruh terhadap minat beli generasi Millenial pada delivery food online (Y). Penelitian ini berhasil membuktikan hipotesis yang telah terbentuk.

 

Kata Kunci: E-Marketing Mix, Minat Beli, Generasi Millenial, Food Delivery Online

 

Sumber publikasi Jurnal Penelitian Manajemen Terapan; Vol. 7 No. 1 (2022)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan