ANALISIS PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
ANALISIS
PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN
BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Wiwit
Damayanti Lestari
Universitas
Wiralodra, Jalan Ir. H. Djuanda KM 3 Singaraja, Indramayu;
Abstrak
Media menjadi
alat untuk menyampaikan
suatu konsep dalam
pembelajaran dengan lebih mudah.
Pembelajaran berbasis multimedia
dapat melibatkan perhatian,
menumbuhkan pemikiran,
meningkatkan pemahaman, dan
memberikan pengalaman belajar
mahasiswa secara luas. Penelitian
kualitatif deskriptif ini
bertujuan untuk menganalisis prestasi belajar mahasiswa terhadap
penerapan pembelajaran berbasis
multimedia pada mata
kuliah perkembangan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah
mahasiswa pendidikan matematika semester
IIA tahun akademik
2016/2017. Instrumen pengumpulan
data yang digunakan adalah soal tes
perkembangan peserta didik,
portofolio, observasi, dan
wawancara. Seluruh data yang
diperoleh kemudian dianalisis
sesuai dengan langkah
yaitu mereduksi data, menyajikan data,
penarikan kesimpulan, dan
verifikasi. Berdasarkan analisis
data hasil penelitian, diperoleh
kesimpulan bahwa prestasi
belajar mahasiswa pendidikan
matematika semester IIA tahun
akademik 2016/2017 melalui
penerapan pembelajaran berbasis multimedia pada mata kuliah
perkembangan peserta didik berada pada kategori sangat baik.
Kata Kunci: Prestasi
Belajar, Pembelajaran Berbasis Multimedia, Perkembangan Peserta Didik
Sumber:
JES-MAT, Vol. 4 No.1
Maret 2018
Komentar
Posting Komentar