Pengaruh Pola Kontrol Terhadap Tingkat Perilaku Sosial Peserta Didik di Sekolah
Pengaruh Pola Kontrol Terhadap Tingkat
Perilaku Sosial Peserta Didik di Sekolah
Supriadi Torro
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum,Universitas
Negeri Makassar
ABSTRAK
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pola
Kontrol Terhadap Tingkat Prilaku
Sosial Peserta Didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif .Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan
XI SMA Negeri 4 Makassar, sebanyak 703 orang dengan jumlah sampel 87orang yang
dipilih melalui sampling
acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
caraangket dan dokumentasi.
Teknik analisis data yaitu analisis statistic deskriptif, dan analisis
statistic inferensial. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh pola kontrol
preventif (X1) terhadap tingkat
prilaku sosial peserta
didik(Y) sebesar 0.393 atau 39.3%. 2) Ada pengaruh pola control represif
(X2) terhadap tingkat prilaku sosial
peserta didik(Y) sebesar 0.381 atau38.1%. 3) Ada pengaruh pola
kontrol kuratif (X3) terhadap
tingkat prilaku sosial
peserta didik(Y) sebesar 0.175
atau 17.5%. 4) Sedangkan hasil hipotesis secara simultan atau bersama-sama
(X1,X2 danX3) berpengaruh terhadap tingkat prilaku sosial peserta didik(Y)
sebesar 0.613 atau 61.3% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: pola kontrol,
perilaku sosial, peserta didik
Sumber :
Jurnal Kajian Sosial
dan Budaya, 6 (2), Mei 2022, 137-143
Komentar
Posting Komentar