ANALISIS PRO DAN KONTRA KEBIJAKAN PAJAK PADA E- COMMERCE DAN PENGARUHNYA TERHADAP EKONOM INDONESIA
ANALISIS
PRO DAN KONTRA KEBIJAKAN PAJAK PADA E- COMMERCE DAN PENGARUHNYA TERHADAP EKONOM
INDONESIA
Ade
Sudrajat
Universitas
Nurtanio Bandung
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui argumen pro
dan kontra tentang kewajiban pajak pada e-commerce. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Data yang digunakan
berupa data sekunder dan tersier. Penelitian ini menggunakan library research
dengan komponen penyusunnya yang berupa komponen normatif dan pertimbangan
moral lain yang saling terkait dan menghasilkan koherensi dalam berbagai aspek,
seperti hukum, ekonomi, dan teknologi. Berdasarkan hasil analisis, dapat
disimpulkan bahwa argumen yang mendukung pengenaan pajak e-commerce berdasarkan
poin-poin berikut: 1) setiap keuntungan atau transaksi yang dihasilkan dari
setiap penjualan, termasuk e-commerce, harus dikenakan pajak; dan 2) pajak
e-commerce dapat mendukung perkembangan teknologi internet; Sedangkan
argumentasi kontra terhadap pengenaan pajak e-commerce terkait dengan hal-hal
sebagai berikut: 1) pengenaan pajak e-commerce akan menghambat ekspansi,
pertumbuhan, dan efisiensi e-commerce di masa depan; 2) sulitnya melacak
transaksi penjualan di Internet; 3) Undang-undang e-commerce yang berlaku tidak
jelas; dan 4) struktur dan sistem pajak di Indonesia yang rumit.
Kata kunci ;
Pajak; E-commerce; Pro dan Kontra
Sumber :
JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan
Akuntansi)
Vol. 5 No. 2, 2021
Komentar
Posting Komentar