Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee: Analisis Harga dan Kualitas Produk dimoderasi Kepercayaan Konsumen

 

Keputusan  Pembelian  di  Marketplace  Shopee:  Analisis  Harga  dan Kualitas Produk dimoderasi Kepercayaan Konsumen

Irma Dwi Astutik

Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

Umar Yeni Suyanto

Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

Ika Purwanti

Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

Sri Yaumi

Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

 

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menguji  pengaruh  harga  dan  kualitas produk   terhadap   keputusan   pembelian   pada marketplaceshopee dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel moderating. Penelitian ini  merupakan  penelitian  kuantitatif  dengan  pendekatan  deskriptif. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  seluruh  mahasiswa  di  Institut Teknologi  dan  Bisnis  Ahmad  Dahlan  Lamongan  yang  merupakan pengguna  aplikasi  Shopee. Sampel  di  dalam  penelitian  ini  adalah mahasiswa   yang   pernah   melakukan   keputusan   pembelian   online melalui Shopee di ITB-AD Lamongan yang berjumlah 117 responden. Analisis   data   menggunakan   analisis   regresi   linier   berganda.   Data dianalisis   menggunakan   SPSS   dengan   software SPSS   26.   Hasil penelitian dengan  analisis regresi linier berganda  menunjukkan bahwa harga  dan  kualitas  produk  berpengaruh  terhadap  keputusan  pembelian sedangkan hasil Uji MRA menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen tidak   mampu   memoderasi   pengaruh   harga   dan   kualitas   produk terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci

Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian dan Kepercayaan Konsumen

 

Sumber :

Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 5 No 2, Juni 2022

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan