Analisis Kelayakan Butir Soal pada Media INTERMATHLY (Interesting Mathematic Monopoly)
Analisis Kelayakan Butir Soal pada Media
INTERMATHLY (Interesting Mathematic Monopoly)
Angel Ardila Suci Qurrota A’yun1,
Fury Styo Siskawati2, Tri Novita Irawati3
1, 2, 3Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Jember,
Jl. Kyai Mojo No. 101, Kaliwates Kidul, Kec
Kaliwates, Kab Jember, Jawa Timur
Abstrak
Tujuan dari
penelitian ini adalah
untuk mendiskripsikan kelayakan
butir soal pada
media intermathlyberbasis power pointyang diterapkan di kelas VIII SMPN
6 Jember ditinjau darivaliditas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Perangkat pendukung game ini menggunakan software Affinity
Designer Versi 1.8.5.703. Jenis penelitian
ini yaitu deskriptif
dengan pendekatan kualitatif
dan kuantitatif. Sampel
yang digunakan sebanyak 31
siswa dengan triangulasi
yang berupa triangulasi
sumber. Metode pengumpulan
datanya menggunakan tes dan metode analisis datanya menggunakan
kolaborasi antara kualitatif yang meliputi reduksi, penyajian dan
penarikan simpulan sedangkan
kuantitatifnya menggunakan SPSS.
Selanjutnya hasil penelitian yang diperoleh
menunjukkan bahwa soal
yang digunakan pada
media pembelajaran interaktif
di kelas VIII SMPN
6 Jember termasuk
dalam kategori validitas
yang baik, reliabilitasnya sangat
tinggi, dan memiliki daya pembeda
yang baik namun
belum memiliki tingkat
kesukaran yang baik.
Perlunya hasil penelitian
ini agarmedia intermathlytetap
memperhatikan kriteria soal
yang baik dan
menghasilkan soal yang
berkualitas serta nantinya menjadi
acuan dalam peningkatan
kualitas soal mendatang. Hal ini
dimaksudkan untuk memberikan kualitas terbaiknya bagi dunia
pendidikan di Indonesia khususnyapada pembelajaran matematika.
Kata kunci:butir
soal, media intermathly
Sumber :
Jurnal Cendekia:
Jurnal Pendidikan Matematika
Volume 06, No. 01,
Maret 2022, pp. 643-654
Komentar
Posting Komentar