ANALISIS PRODUKSI PROGRAM TELEVISI DI TVONE (PROSES PRODUKSI PROGRAM TELEVISI “AYO HIDUP SEHAT” DI PT. LATIVI MEDIA KARYA PULO GADUNG JAKARTA TIMUR)
ANALISIS
PRODUKSI PROGRAM TELEVISI DI TVONE (PROSES PRODUKSI PROGRAM TELEVISI “AYO HIDUP
SEHAT” DI PT. LATIVI MEDIA KARYA PULO GADUNG JAKARTA TIMUR)
Depi
Rahmadani Ansori1, Idola Perdini Putri.2
1,2
Universitas Telkom, Bandung
ABSTRAK
Berbagai stasiun televisi
berlomba-lomba menghadirkan program yang diharapkan dapat menarik perhatian
penontonnya, terutama di tengah-tengah persaingan industri televise saat ini
yang semakin ketat. Setiap stasiun televisi berlomba menyuguhkan yang terbaik melalui
berbagai produksi programnya. TVONE sebagai salah satu stasiun televisi swasta yang
menyajikan satu program tayangan Talkshow yang berjudul “AYO HIDUP SEHAT” Program
ini menyajikan segala informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Dengan
menggunakan metode penelitian studi kasus yang dikaji secara kualitatif, teknik
pengumpulan data primer observasi dan wawancara mendalam bersama key informan
seperti Produser, Reporter, Editing Produksi Program bersangkutan, penelitian
ini bertujuan melakukan analisis terhadap proses Produksi Program tersebut. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa program ini memiliki berbagai strategi mulai dari pemilihan
ide secara selektif, pola rundown, naskah, konsep produksi yang diterapkan dilapangan
sampai konsep editing yang digunakan agar audiens tertarik dengan konten yang disajikan.
Disamping itu, penempatan waktu dan jam siaran yang tepat juga menjadi salah satu
strategi supaya program ini semakin diketahui dan mendapat minat dari
masyarakat luas.
Kata kunci: strategi
produksi, program televisi, analisis
Sumber :
e-Proceeding of
Management : Vol.8, No.5 Oktober 2021
Komentar
Posting Komentar