PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS KONSUMEN (Pengguna Platform Aplikasi Marketplace di Kota Malang)

 

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS KONSUMEN (Pengguna Platform Aplikasi Marketplace di Kota Malang)

Oleh

Nur Eko Cahyono1, Syaifuddin Fahmi2

1,2 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kertanegara Malang

 

Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh   kualitas   produk   dan   kepercayaan   konsumen terhadap  kepuasan  konsumen  dalam  membentuk  Loyalitas Konsumen.    Jenis    penelitian    yang    digunakan    adalah peneitian     penjelasan     (explanatory     research)     dengan pendekatankuantitatif.   Sampel   sebanyak   80   responden yang  merupakan  pengguna  platform  marketplace  di  Kota Malang.   Hasil   penelitian   menunjukkan   Hasil   penelitian menunjukkan bahwa: variabel Kualitas Produk berpengaruh   langsung   dan   signifikan   terhadap   variabel KepuasanKonsumen;   variabel    Kepercayaan   Konsumen berpengaruh  langsung  dan  signifikan  terhadap  Kepuasan Konsumen;     variabel     Kepuasan     Konsumenberpengaruh langsung   dan   signifikan   terhadap   Loyalitas   Konsumen; variabel    Kualitas    Produk    berpengaruh    langsung    dan signifikanterhadap Loyalitas Pembelian; variabel Kepercayaan    Konsumen    berpengaruh    tidak    signifikan terhadap   Loyalitas   Pembelian;   variabel   Kualitas   Produk melalui Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen tidak  signifikan;  variabel  kepercayaan  konsumen  melalui Kepuasan  Konsumen  terhadap  Loyalitas  Konsumen  tidak signifikan.    Dengan    demikian,    sebaiknya    penjual    pada platform marketplace memperhatikan Kualitas Produk dan Kepercayaan     Konsumen     Hal     tersebut     akan     mampu mempengaruhi    Kepuasan    dan    akan        meningkatkan Loyalitas Konsumen.

 

Keywords: Kualitas Produk, Kepercayaan Konsumen, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen

 

Sumber :

JEMBA

Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi

Vol.1, No.4, Juli 2022

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan