Partisipasi pendidikan Kristiani di ruang publik dalam menunjang deradikalisasi

 

Partisipasi pendidikan Kristiani di ruang publik dalam menunjang deradikalisasi

Jeniffer Pelupessy Wowor

Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta

 

Abstrak:

Tulisan   ini   menyoroti   persoalan   radikalisme   yang   marak   di Indonesia  saat  ini.  Deradikalisasi  dipandang  sebagai  salah  satu  upaya  yang dapat  ditempuh  dalam  mengatasi persoalan  ini.  Tulisan  ini  mengetengahkan realisasi   dari   strategi   ini   dalam   perspektif   Pendidikan   Kristiani.   Dengan menggunakan  pendekatan  kualitatif  melalui  jenis  penelitian  literatur,  analisis bahan tertulis dipaparkan dalam tulisan ini. Secara khusus hasil penelitian dari kajian  analisis  wacana  atas  surat  kabar  yang  telah  dilakukan  sebelumnya beserta  tambahan  beberapa  literatur  penunjang  disuguhkan  untuk  melengkapi data   analisis.   Gagasan   Jack   L.   Seymour   tentang   pentingnya   pendekatan holistik dalam Pendidikan Kristiani yang meliputi pendekatan komunitas iman, instruksional   dan   misi   menjadi   landasan   teori   dalam   tulisan   ini.   Ketiga pendekatan  ini  dikorelasikan  dengan  kajian  teologi  publik.  Hasilnya,  par-tisipasi  pendidikan  Kristiani  di  ruang  publik  menjadi  sebuah  bentuk  pen-dekatan  transformasional  dalam  upaya  untuk  menghadirkan  manfaat  pendi-dikan  iman  pada  ruang  publik,  khususnya  dalam  menunjang  proses  dera-dikalisasi.

Kata kumci :

pendidikan Kristiani; pendidikan misi interreligius; ruang publik; transformasi social

 

Sumber :

KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen)

Vol 7, No.1, April 2021 (108-122)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan