Partisipasi pendidikan Kristiani di ruang publik dalam menunjang deradikalisasi
Partisipasi
pendidikan Kristiani di ruang publik dalam menunjang deradikalisasi
Jeniffer
Pelupessy Wowor
Fakultas
Teologi Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta
Abstrak:
Tulisan ini
menyoroti persoalan radikalisme
yang marak di Indonesia
saat ini. Deradikalisasi dipandang
sebagai salah satu
upaya yang dapat ditempuh
dalam mengatasi persoalan ini.
Tulisan ini mengetengahkan realisasi dari
strategi ini dalam
perspektif Pendidikan Kristiani.
Dengan menggunakan
pendekatan kualitatif melalui
jenis penelitian literatur,
analisis bahan tertulis dipaparkan dalam tulisan ini. Secara khusus
hasil penelitian dari kajian
analisis wacana atas
surat kabar yang
telah dilakukan sebelumnya beserta tambahan
beberapa literatur penunjang
disuguhkan untuk melengkapi data analisis.
Gagasan Jack L.
Seymour tentang pentingnya
pendekatan holistik dalam Pendidikan Kristiani yang meliputi pendekatan
komunitas iman, instruksional dan misi
menjadi landasan teori
dalam tulisan ini.
Ketiga pendekatan ini dikorelasikan
dengan kajian teologi
publik. Hasilnya, par-tisipasi
pendidikan Kristiani di ruang publik
menjadi sebuah bentuk
pen-dekatan transformasional dalam
upaya untuk menghadirkan
manfaat pendi-dikan iman
pada ruang publik,
khususnya dalam menunjang
proses dera-dikalisasi.
Kata kumci :
pendidikan Kristiani;
pendidikan misi interreligius; ruang publik; transformasi social
Sumber :
KURIOS (Jurnal Teologi
dan Pendidikan Agama Kristen)
Vol 7, No.1, April 2021 (108-122)
Komentar
Posting Komentar