ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI CV. BINTANG KERAMIK GUNUNGSITOLI

 

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI CV. BINTANG KERAMIK GUNUNGSITOLI

Oleh:

Dwi Putri Farida Zebua1

Nov Elhan Gea2

Ratna Natalia Mendrofa3

Fakultas Ekonomi Universitas Nias

 

Abstrak:

Persaingan dunia usaha dalam bidang produk dan jasa yang semakin ketat adalah memberikan nilai dan kepuasan bagi konsumen dengan adanya produk dan jasa yang semakin berkualitass. Pelaku usaha harus memiliki syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha yaitu harus mencapai keunggulan bersaing dalam menciptkan produk atau jasa yang diminati oleh konsumen. Manajemen para pelaku usaha harus mampu mengelola usahanya dengan baik agar konsumen tidak beralih ke perusahaan lainnya. Pelaku usaha dituntut untuk memahami segala kebutuhan dan keinginan konsumen. Bagi perusahaan kepuasan konsumen adalah sarana pemasaran. Perusahaan harus lebih memperhatikan kepuasan pelanggan atau konsumen. Konsumen sering memperhatikan harga barang. Konsumen biasa dikatakan sebagai titik sentral yang harus diperhatikan oleh pasar. CV. Bintang Keramik Gunungsitoli merupakan usaha makro yang bergerak disektor bangunan khususnya dibidang perlengkapan dalam pembuatan bangunan. CV. Bintang Keramik Gunungsitoli memiliki perkembangan yang sangat baik dikarenakan manajemen sumber daya dan strategi yang digunakan mampu bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak dibidang sejenisnya. Dalam penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sampel sebanyak 23 orang. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan pengamatan (observasi) dan wawancara (interview). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang baik dapat meningkatkan penjualan produk pada CV. Bintang Keramik Gunungsitoli. Dengan demikian strategi pemasaran sangat perlu diperhatikan untuk mengembangkan perusahaan ke depan. Selain itu, CV. Bintang Keramik Gunungsitoli melakukan strategi pemasaran dengan cara menentukan segmentasi pasar yaitu mengidentifikasi wilayah yang akan dijangkau.

Kata kunci: strategi pemasaran, penjualan, analisis.

 

Sumber :

Jurnal EMBA

Vol. 10 No. 4 Oktober 2022, Hal. 1299-1307

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan