ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI CV. BINTANG KERAMIK GUNUNGSITOLI
ANALISIS
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI CV. BINTANG KERAMIK
GUNUNGSITOLI
Oleh:
Dwi
Putri Farida Zebua1
Nov
Elhan Gea2
Ratna
Natalia Mendrofa3
Fakultas
Ekonomi Universitas Nias
Abstrak:
Persaingan dunia usaha dalam bidang produk dan jasa
yang semakin ketat adalah memberikan nilai dan kepuasan bagi konsumen dengan
adanya produk dan jasa yang semakin berkualitass. Pelaku usaha harus memiliki
syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha yaitu harus mencapai keunggulan
bersaing dalam menciptkan produk atau jasa yang diminati oleh konsumen.
Manajemen para pelaku usaha harus mampu mengelola usahanya dengan baik agar
konsumen tidak beralih ke perusahaan lainnya. Pelaku usaha dituntut untuk
memahami segala kebutuhan dan keinginan konsumen. Bagi perusahaan kepuasan
konsumen adalah sarana pemasaran. Perusahaan harus lebih memperhatikan kepuasan
pelanggan atau konsumen. Konsumen sering memperhatikan harga barang. Konsumen
biasa dikatakan sebagai titik sentral yang harus diperhatikan oleh pasar. CV.
Bintang Keramik Gunungsitoli merupakan usaha makro yang bergerak disektor
bangunan khususnya dibidang perlengkapan dalam pembuatan bangunan. CV. Bintang
Keramik Gunungsitoli memiliki perkembangan yang sangat baik dikarenakan
manajemen sumber daya dan strategi yang digunakan mampu bersaing dengan
perusahaan lain yang bergerak dibidang sejenisnya. Dalam penelitian ini,
menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sampel sebanyak 23 orang. Untuk mendapatkan
data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan pengamatan (observasi) dan wawancara
(interview). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang baik
dapat meningkatkan penjualan produk pada CV. Bintang Keramik Gunungsitoli.
Dengan demikian strategi pemasaran sangat perlu diperhatikan untuk
mengembangkan perusahaan ke depan. Selain itu, CV. Bintang Keramik Gunungsitoli
melakukan strategi pemasaran dengan cara menentukan segmentasi pasar yaitu
mengidentifikasi wilayah yang akan dijangkau.
Kata kunci: strategi pemasaran, penjualan, analisis.
Sumber :
Jurnal EMBA
Vol. 10 No. 4 Oktober 2022, Hal. 1299-1307
Komentar
Posting Komentar