Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika Materi Operasi Dasar Komputer di SMAN 4 Kota Bima Kelas X MIPA 1 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

 

Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika Materi Operasi Dasar Komputer di SMAN 4 Kota Bima Kelas X MIPA 1 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

Ruwaidah

SMA Negeri 4 Kota Bima,Kota Bima, Indonesia

 

Abstrak:

Penelitian inimengangkatmasalah keadaan awalketerampilan siswa dikelas  X MIPA.1SMAN  4  Kota  Bimapada matapelajaranInformatika  materi  operasi  dasar komputeryang masihkurangmemuaskandengan penggunaan metode pembelajaran dimanaprosespembelajaranmasih berpusatpadagurudan pemberiantugas. Jenis penelitian yang digunakanadalah penelitian tindakan kelasyang terdiridariduasiklus,dilakukanduasikluskarena targethasilbelajaryang dicapaisudahdapatterlaksanapada siklusdua.Setiap siklusnyaterdiriatasperencanaan, pelaksanaan,observasi,danrefleksi.  Masalah  penelitian ini  adalah bagaimana Penerapanmetode  demonstrasidapat meningkatkanhasilbelajarsiswa pada mata pelajaran Informatika materi operasi dasar komputersemester I di Kelas X MIPA.1 SMAN   4   Kota   Bima   Tahun   Pelajaran   2020/2021?Hasil penelitian telah berhasil mendeskripsikan penerapan   dengan   menggunakan metode pembelajaran “Demonstrasi” dapatmeningkatkan hasilbelajarsiswapada  mata  pelajaran  Informatika  materi  operasi dasar  kompueter  semester  I  di  kelas  X  MIPA.1  SMAN  4  Kota  Bima  tahun  pelajaran 2020/2021. Haliniterlihatpadapeningkatanaktivitassiswapadaproses pembelajaranserta peningkatan hasil belajar si s wa   p a d a   m ata   p ela jar an   inf o rm atik a   m at e ri o p erasi   d as ar   ko m p uter yangditugaskanolehgurusetiapsiklusnya. Peningkatanaktivitas siswa terlihat sebagai berikut: pada siklus I rata-rata dari jumlah seluruh aspek yang diamati adalah 53,7%, pada siklus II jumlah  rata-rata meningkat menjadi 80.0%.Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa yang terlihat pada ketuntasan siswa dalam menyelesaikan cara  mengoperasikan  komputer  sebagaiberikut : sebelumnya tanpa menggunakan metode demonstrasi siswa yang tuntas 10 orang (33,3%) dan setelah menggunakan metodedemonstrasipadasiklusIjumlahsiswayangtuntas16 orang(53,3%),danpadasiklusIIjumlahsiswayangtuntas mencapai28orang(93,3%).

 

Kata Kunci: hasil belajar; metode demonstrasi

 

Sumber :

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)

Volume 1, nomor 2, 2021, hal.177-189

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan