Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika Materi Operasi Dasar Komputer di SMAN 4 Kota Bima Kelas X MIPA 1 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021
Penerapan
Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
Informatika Materi Operasi Dasar Komputer di SMAN 4 Kota Bima Kelas X MIPA 1
Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021
Ruwaidah
SMA
Negeri 4 Kota Bima,Kota Bima, Indonesia
Abstrak:
Penelitian inimengangkatmasalah keadaan
awalketerampilan siswa dikelas X
MIPA.1SMAN 4 Kota
Bimapada matapelajaranInformatika materi
operasi dasar komputeryang
masihkurangmemuaskandengan penggunaan metode pembelajaran
dimanaprosespembelajaranmasih berpusatpadagurudan pemberiantugas. Jenis
penelitian yang digunakanadalah penelitian tindakan kelasyang
terdiridariduasiklus,dilakukanduasikluskarena targethasilbelajaryang
dicapaisudahdapatterlaksanapada siklusdua.Setiap
siklusnyaterdiriatasperencanaan, pelaksanaan,observasi,danrefleksi. Masalah
penelitian ini adalah bagaimana
Penerapanmetode demonstrasidapat
meningkatkanhasilbelajarsiswa pada mata pelajaran Informatika materi operasi
dasar komputersemester I di Kelas X MIPA.1 SMAN 4
Kota Bima Tahun
Pelajaran 2020/2021?Hasil
penelitian telah berhasil mendeskripsikan penerapan dengan
menggunakan metode pembelajaran “Demonstrasi” dapatmeningkatkan
hasilbelajarsiswapada mata pelajaran
Informatika materi operasi dasar
kompueter semester I di kelas
X MIPA.1 SMAN
4 Kota Bima
tahun pelajaran 2020/2021.
Haliniterlihatpadapeningkatanaktivitassiswapadaproses pembelajaranserta
peningkatan hasil belajar si s wa p a d
a m ata p ela jar an inf o rm atik a m at e ri o p erasi d as ar
ko m p uter yangditugaskanolehgurusetiapsiklusnya. Peningkatanaktivitas
siswa terlihat sebagai berikut: pada siklus I rata-rata dari jumlah seluruh
aspek yang diamati adalah 53,7%, pada siklus II jumlah rata-rata meningkat menjadi 80.0%.Sedangkan
peningkatan hasil belajar siswa yang terlihat pada ketuntasan siswa dalam
menyelesaikan cara mengoperasikan komputer
sebagaiberikut : sebelumnya tanpa menggunakan metode demonstrasi siswa
yang tuntas 10 orang (33,3%) dan setelah menggunakan
metodedemonstrasipadasiklusIjumlahsiswayangtuntas16
orang(53,3%),danpadasiklusIIjumlahsiswayangtuntas mencapai28orang(93,3%).
Kata Kunci: hasil
belajar; metode demonstrasi
Sumber :
Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Volume 1, nomor 2, 2021,
hal.177-189
Komentar
Posting Komentar