Mekanisme Pengendalian Sosial di Sekolah untuk Mencegah Pengaruh Narkoba di Kalangan Siswa di SMAN 8 Kota Padang
Mekanisme Pengendalian Sosial di Sekolah
untuk Mencegah Pengaruh Narkoba di Kalangan Siswa di SMAN 8 Kota Padang
Vivi Triana1, Erianjoni Erianjoni2
1,2Universitas Negeri Padang
Abstrak
Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh ketertarikan
peneliti dalam melihat
pengendalian sosial yang dilakukan sekolah untuk mencegah
penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa di SMAN 8 Padang. Alasan peneliti
melakukan penelitian di SMAN 8 karena merupakan salah satu Kecamatan dengan
kasus penyalahgunaan narkoba tingkat tinggi, pelaku dalam penyalahgunaan
narkoba di kecamatan ini adalah remaja.
Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk
mengetahui mekanisme pengendalian sosial untuk mencegah narkoba di
SMAN 8 Padang. Penelitian ini menggunakan teori kontrol sosial dikemukakan oleh
Travis Harschi. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus (case
study). Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan jumlah
informan 11 orang informan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,
wawancara dan studi
dokumen. Data dianalisis
dengan teknik analisisinteraktif Miles
dan Huberman. Hasil penelitian
di lapangan menunjukkan
bahwa bentuk pengendalian sosial
yang dilakukan sekolah diantaranya
yaitu yang pertama
memberikan sosialisasi, yang
kedua pengawasan, yang ketiga peran aparat, yang keempat peran orang
tua.
Kata Kunci:Narkoba;
Pengendalian Sosial; Sekolah; Siswa.
Sumber :
Jurnal Perspektif:
Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan
Volume 5 Nomor22022,
pp 267-276
Komentar
Posting Komentar