ANALISA PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD

 

ANALISA PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD

Octoberry Julyanto1*, Ayu Puspa Wirani2, Mira Nurhikmat3

123Universitas Faletehan, Indonesia

Jl. Raya Cilegon No.Km. 06, Pelamunan, Kec. Kramatwatu, Kab. Serang, Banten 42161

 

Abstrak.

PT. Samudra Marine Indonesia masih memiliki banyak kekurangan dalam kinerja yang sesungguhnya  sebagaimana  mestinya.  Hal  tersebut dapat  dilihat  dengan  masih  banyaknya  order-order yang tidak dapat diselesaikan tepat waktu, konsumen yang cenderung tidak bertambah setiap tahunnya.      Dengan   demikian,   perlu   dilakukan   perbaikan   yang   sifatnya   memperbaiki   dan menumbuh kembangkan visi dan misiPT. Samudra Marine Indonesia sebagai badan usaha profit yang  lebih  berorientasi  pada  visi  dan  misi  awalnya.  Metode  pengukuran  kinerja  menggunakan konsep  balanced  scorecard  berdasarkan  empat  perspektif,  yaitu:  perspektif  keuangan,  perspektif pelanggan,  perspektif  proses  bisnis  internal,  dan  perspektif  pembelajaran  dan  pertumbuhan, sehingga  dapat  diperoleh  pencapaian  tujuan  badan  usaha  yang  lebih  efektif  dan  terintegrasi. Adapun  kesimpulan  yang  diperoleh  pada  penelitian  kali  ini  yaitu,  pada  perspektif  keuangan melalui  analisis  rasio  menunjukan  hasil  yang  baik  yaitu  34%  Selanjutnya  pada  perspektif pelanggan,   melalui   analisis   tingkat   kepuasan   pelanggan,   PT   Samudera   Marine   Indonesia memperoleh  persentase  32%  dan  mendapat  predikat  cukup  baik.  Sementara  itu  pada  perspektif proses  bisnis  internal  melalui  analisis  process  time,  proporsi  process  time  perusahaan  mendapat 33%, hal ini menandakan perusahaan telah melakukan pelayanan yang optimal kepada pelanggan, dan  perusahaan  juga  telah  bekerja  sama  dengan  banyak  pihakketiga  yang  bertujuan  untuk memajukan  dan  menjalankan  kegiatan  operasionalnya.  Sedangkan  pada  perspektif  pembelajaran dan   pertumbuhan   melalui   analisis   revenue   per   employee,   proporsi   revenue   per   employee memperoleh 25% hal ini menandakan kontribusi setiap karyawan dalam menciptakan pendapatan perusahaan  cukup  besar,  selanjutnya  melalui  analisis  tingkat  kepuasan  karyawan,  PT  Samudera Marine Indonesia memperoleh persentase dan mendapat predikat sangat baik.

Keywords:Balanced Scorecard, KPI

 

Sumber :

Journal of Industrial Engineering & Management Research

Vol.3 No.4 (2022)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan