Analisis probabilitas kelongsoran pada lereng Jalan Raya Km 88,4 Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros
Analisis
probabilitas kelongsoran pada lereng Jalan Raya Km 88,4 Kecamatan Mallawa,
Kabupaten Maros
Yevi
Ikram Karim, Alfian Nawir, Abdul Salam Munir
Program
Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Muslim
Indonesia
Kampus
II UMI Jl. Urip Sumoharjo KM. 05 Panaikang Makassar, (0411) 447562
ABSTRAK
Jalur jalan di KM 88,4 Kabupaten Maros merupakan
bentang alam pegunungan yang memiliki banyak tebing terjal dengan aktivitas transportasi
yang padat. Kondisi ini memungkinkan terjadinya potensi longsor. Berdasarkan
hal tersebut, penulis melakukan penelitian mengenai probabilitas kelongsoran
untuk mengetahui potensi terjadinya longsor pada lereng tersebut. Potensi
longsor diketahui dengan menghitung nilai Faktor Keamanan (FK) dan Probabilitas
Kelongsoran (PK) yang diperoleh dengan cara mengetahui geometri lereng, sifat
fisik dari pengujian uji sifat fisik dan sifat mekanik dari pengujian kuat
geser. Data penelitian didapatkan dengan observasi dan pengukuran langsung di
lapangan dan pengujian sifat material di Laboratorium Geomekanika FTI UMI.
Pengolahan data untuk mendapatkan nilai FK dan PK dilakukan dengan bantuan
program komputer dengan metode perhitungan Bishop dan dilanjutkan dengan
perhitungan probabilitas longsor. Dari hasil analisis yang telah dilakukan pada
penelitian ini maka didapatkan nilai Faktor Keamanan (FK) sebesar 0,65 dan
Probabilitas Kelongsoran (PK) sebesar 77,1%. Kedua nilai tersebut memberikan
gambaran bahwa lereng pada lokasi penelitian berpotensi tidak stabil
berdasarkan SRK Consulting tahun 2011 sehingga lereng tersebut membutuhkan
penanganan sejak dini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.
Kata-kata kunci: probabilitas longsor, faktor
keamanan, lereng jalan
Sumber :
JURNAL HIMASAPTA, Vol. 6, No. 2, Agustus 2021: 117-121
Komentar
Posting Komentar