Analisis Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar
Analisis
Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar
Siti
Khotijah, Dewi Widiana Rahayu, Nafiah, Sri Hartatik
Universitas
Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pembelajaran daring di kelas 4 SD.
Kyai Hasyim Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif
kualitatif dimana penelitian ini memerlukan data berupa informasi secara
deskriptif dengan teori yang dibangun berdasarkan data yang diperoleh. Jenis
penelitian ini dimasukkan dalam kategori kualitatif dari aspek data dan
analisisnya. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sasaran dalan penelitian ini yaitu guru kelas 4A dan 4B serta guru selain guru
kelas yang mengajar dikelas 4 SD Kyai Hasyim Surabaya. Tujuan dilakukan
penelitian ini adalah peneliti ingin memberikan gambaran terkait persepsi guru
dalam pembelajaran daring sehingga dari persepsi tersebut menghasilkan sesuatu
yang bermanfaat. Metode yang digunakan seperti penelitian pada umumnya yaitu
menggunakan 3 tahapan diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
Penelitian menunjukkan persepsi guru SD. Kyai Hasyim Surabaya menunjukkan bahwa
pembelajaran daring yang telah dilaksanakan berjalan baik tetapi tidak efektif
apabila dilaksanakan terus menerus dikarenakan kendala yang terus menerus
berulang.
Kata Kunci: Persepsi,
Pembelajaran Daring, Siswa Kelas 4.
Sumber : Jurnal Ilmu
Pendidikan Volume 3 Nomor 5 Tahun 2021 Halm 2834 – 2846
Komentar
Posting Komentar