Analisis Sentimen Penilaian Masyarakat Indonesia terhadap GeNose pada Komentar Youtube Menggunakan Metode Naïve Bayes

 

Analisis Sentimen Penilaian Masyarakat Indonesia terhadap GeNose pada Komentar Youtube Menggunakan Metode Naïve Bayes

Michael Jonathan, Yessica Nataliani

Jurusan Sistem Informasi–Fakultas Teknologi Informasi–Universitas Kristern Satya Wacana, Indonesia

 

Abstrak

Saat ini dunia sedang menghadapi virus yang benar-benar mematikan yaitu COVID19 karena virus ini menyebar dengan sangat cepat dan menyerang paru-paru. Banyak orang yang meninggal dunia dikarenakan sulit untuk bernafas. Khususnya di Indonesia, banyak masyarakat Indonesia yang terkena COVID-19 dan banyak yang sampai meninggal dunia. Banyak daerah yang ditetapkan sebagai zona merah yang menandakan bahwa daerah tersebut beresiko tinggi. Oleh karena itu universitas berbondong-bondong untuk menciptakan alat yang dapat meminimalisir penyebaran COVID-19. Salah satunya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) yang menciptakan alat yang dapat mendeteksi COVID-19 yaitu GeNose. Masyarakat memiliki beberapa argumen pro dan kontra dengan adanya GeNose. Untuk itu diperlukan penelitian untuk mengetahui apakah GeNose dapat berguna terhadap masyarakat Indonesia dalam meminimalisir virus tersebut atau tidak. Penelitian dilakukan menggunakan metode Naïve Bayes. Hasil klasifikasi menghasilkan accuracy mencapai 90.70% dengan kategori komentar bersifat negatif. Nilai recall sebesar 87.60% dan precision sebesar 93.39%. Data tersebut membuktikan bahwa GeNose kurang maksimal dalam meminimalisir COVID-19.

Kata Kunci:

COVID-19

GeNose

Naïve Bayes

 

Sumber :

d’Cartesian: Jurnal Matematika dan Aplikasi, Vol. 11, No. 1, (Maret 2022): 1-8

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan