Optimalisasi Peran Sekolah dengan Analisis Interaktif bagi Penguatan Pendidikan Karakter
Optimalisasi Peran Sekolah dengan Analisis Interaktif
bagi Penguatan Pendidikan Karakter
Hendria,1*,Ichwani
Siti Utamib,2,Lili Nurlailic,3
abc
Universitas Pamulang, Indonesia
Abstrak:
Warga
Negara Indonesia menjunjung
tinggi adab atau
akhlak menjadi suatu keniscayaan bagi seluruh lapisan
masyarakat. Pemerintah memperhatikan hal tersebut, karenaberperan untuk
membuat warga memiliki
karakter. Tujuan penelitian ini
untuk menganalisis optimalisasi
peran sekolah bagi penguatan pendidikan karakter.
Sasaran penelitian yaitu
peserta didik di
SMPN 02 Ciseeng, desa Kuripan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data
penelitian menggunakan
wawancara, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan analisis
interaktif yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan
kesimpulan. Temuan penelitian menujukkan bahwa: pertama, keteladan guru
dan seluruh stakeholder
sekolah mampu memberikan
dampak positif pada karakter
siswa. Kedua, lingkungan
dan budaya sekolah
yang baik berpotensi pada perkembangan
karakter siswa. Ketiga,
seluruh aktivitas sekolah
yang dibuat melalui musyawarah
mufakat yang bertujuan
mendisiplikan karakter siswa yang
ada. Jadi, penguatan
pendidikan karakter tidak
dapat dipisahkan dari budaya
sekolah sebagai lembaga
pendidikan yang menciptakan
dan menekankan pada tingkat intelektual dan emosional siswa.
Kata-kata kunci: Optimalisasi Peran Sekolah; Analisis
Interaktif; Penguatan Pendidikan Karakter; Peserta Didik
Sumber:
JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN
Vol. 7 No. 1 Juni 2022| Hal. 32–43
Komentar
Posting Komentar