Analisis Urgensi Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Technopreneurship) dan Peranan Society 5.0 dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Kewirausahaan
Analisis Urgensi Kewirausahaan Berbasis Teknologi
(Technopreneurship) dan Peranan Society 5.0 dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Kewirausahaan
Arief
Yanto Rukmana1, Budi Harto2, Hendra Gunawan3
1Sekolah
Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM, Jl. Jakarta No.79 Bandung
2Politeknik
LP3I, Bandung
3Sekolah
Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Jl. Jakarta No.79 Bandung
ABSTRAK
Penelitian
ini berupayamengkaji tentang
kajian deskripsi dari
proses bisnis (entrepreneur)
dengan menggunakan basis teknologi (Technopreneurship) dilihat dari aspek perspektif
pendidikankewirausahaan.
Secara deskripsi penelitian
ini akan memberikan gambaran
tentang
ber-entrepreneurserta usaha kecil
menengah dengan menggunakan
teknologi. Dari segala
sudut pandang, baik
motivasi, kepemilikan,
manajerial, ketenagakerjaan, dan
sebagainya Technopreneurshipdapatdiedukasi melalui dunia
pendidikan sebagai dunia
transformasi, yaitu ilmu
mengembangkan kewirausahaan
dengan menggunakan basis
teknologi sebagai dasar
berwirausaha. Teknoprenuership
merupakan pengembangan dari
konsep kewirausahaan. Wirausaha adalah salah
satu jawaban untuk
menjawab ketimpangan antara
pertumbuhan penduduk usia
produktif dengan ketersediaan
lapangan pekerjaan. Dunia
pendidikan berkewajiban
untuk dapat mencetak
generasi –generasi yang memiliki
kemandirian, termasuk
kemandirian secara ekonomi.
Sekolah, kampus juga
media pendidikan informal lainnya
bukan hanyaberfungsi untuk
berbagi ilmu denganteori –teorinya maupun ketrampilan
dengan praktek –prakteknya. Namunjika
dikaitkan dengan masih rendahnya
pemahaman dan minat tentang dunia
wirausaha, dunia pendidikan dapat difungsikan juga sebagai
media informasi untuk meningkatakan pemahaman dan minat anak
didiknya pada dunia
kewirausahaan. Mengkomunikasikan pentingnya teknologi dalam
pengembangan entrepreneurmenjadi
tantangan dalam dunia pendidikan. Kajian
ini diharapkan bisamenjadi rujukan
dalam pengembangan
pendidikan kewirausahaan. Paper
ini merupakan sebuah
konseptual paper yang bersumber dari
data sekunder yang berasal dari
publikasi terkait tema
paper dan bertujuan untuk menggambarkan
pentingnya mengenalkan
Technopreneurshipdan Society5.0melalui duniapendidikan.
Kata Kunci: Technopreneurship, Society5.0, dan
pendidikan kewirausahaan
Sumber:
JSMA (Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi)
Volume 13 No.1 /Mei/2021
Komentar
Posting Komentar