Analisis Urgensi Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Technopreneurship) dan Peranan Society 5.0 dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Kewirausahaan

 

Analisis Urgensi Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Technopreneurship) dan Peranan Society 5.0 dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Kewirausahaan

Arief Yanto Rukmana1, Budi Harto2, Hendra Gunawan3

1Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM, Jl. Jakarta No.79 Bandung

2Politeknik LP3I, Bandung

3Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Jl. Jakarta No.79 Bandung

 

ABSTRAK

Penelitian  ini  berupayamengkaji  tentang  kajian  deskripsi  dari  proses  bisnis (entrepreneur) dengan menggunakan basis teknologi (Technopreneurship) dilihat dari aspek  perspektif  pendidikankewirausahaan.  Secara  deskripsi  penelitian  ini  akan memberikan  gambaran  tentang  ber-entrepreneurserta  usaha  kecil  menengah    dengan  menggunakan    teknologi.  Dari  segala  sudut  pandang,  baik  motivasi,  kepemilikan, manajerial,   ketenagakerjaan,   dan   sebagainya Technopreneurshipdapatdiedukasi melalui  dunia  pendidikan  sebagai  dunia  transformasi,  yaitu  ilmu  mengembangkan kewirausahaan  dengan  menggunakan  basis  teknologi  sebagai  dasar  berwirausaha. Teknoprenuership  merupakan  pengembangan  dari  konsep  kewirausahaan.  Wirausaha adalah   salah   satu   jawaban   untuk   menjawab   ketimpangan   antara   pertumbuhan penduduk usia  produktif  dengan  ketersediaan  lapangan  pekerjaan.  Dunia  pendidikan berkewajiban  untuk  dapat  mencetak  generasi –generasi yang memiliki  kemandirian, termasuk  kemandirian  secara  ekonomi.  Sekolah,  kampus  juga  media  pendidikan informal  lainnya  bukan  hanyaberfungsi  untuk  berbagi  ilmu  denganteori –teorinya maupun  ketrampilan  dengan  praktek –prakteknya.  Namunjika  dikaitkan  dengan masih  rendahnya  pemahaman dan minat  tentang  dunia  wirausaha,  dunia  pendidikan dapat difungsikan juga sebagai media informasi untuk meningkatakan pemahaman dan minat  anak  didiknya  pada  dunia  kewirausahaan.  Mengkomunikasikan  pentingnya teknologi   dalam   pengembangan entrepreneurmenjadi   tantangan   dalam   dunia pendidikan.   Kajian   ini   diharapkan bisamenjadi   rujukan   dalam   pengembangan pendidikan   kewirausahaan.   Paper   ini   merupakan sebuah konseptual   paper   yang bersumber  dari  data sekunder yang  berasal  dari  publikasi  terkait  tema  paper dan bertujuan  untuk  menggambarkan  pentingnya  mengenalkan Technopreneurshipdan Society5.0melalui duniapendidikan.

Kata Kunci: Technopreneurship, Society5.0, dan pendidikan kewirausahaan

 

Sumber:

JSMA (Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi)

Volume 13 No.1 /Mei/2021

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan