Analisis Kinerja Pelayanan Publik tentang Sumber Daya Manusia dan Responsivitas Pegawai di Kantor Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga
Analisis Kinerja Pelayanan Publik tentang Sumber Daya Manusia
dan Responsivitas Pegawai di Kantor Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti
Kota Salatiga
Muchamad
Samsudin
Program
Studi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,
Universitas
Diponegoro, Indonesia
Abstrak
Artikel atau tulisan ini
bertujuan untuk menganalisis kinerja pelayanan publik di Kelurahan Kecandran, Kecamatan
Siomukti, Masalah difokuskan pada Analisa lebih mendalam terhadap kegiatan
pelayanan publik di Kelurahan Kecandran dan menelaah bentuk responsivitas yang
di lakukan pegawai serta pihak terkait dalam pelayanan tersebut. Guna mendekati
masalah ini dipergunakan acuan teori dari Nicholas Henry (dalam Suwitri, 2011),
Carl Van Horn dan Donal Van Meter, 1975. Data-data dikumpulkan melalui metode
penelitian deskriptif melalui kegiatan observasi lapangan, data primer dan
sekunder dan wawancara, dan dianalisis secara kualitatif. Kajian ini menyimpulkan
bahwa perlunya melakukan penelitian terkait analisis kinerja pelayanan publik
di kantor kelurahan Kecandran, Kecamatan Sidomukti yang lebih mendalam terhadap
sumber daya Manusia serta responsivitas.
Kata Kunci: Kinerja
Pelayanan Publik; Penyelenggaraan Pelayanan; Kepuasan Masyarakat.
Sumber:
Journal of Education,
Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
Vol 4, No. 2, November
2021: 1028-1034
Komentar
Posting Komentar