Analisis Nilai Pendidikan Karakter pada Tokoh Sejarah Lokal Sumatera Barat Sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sejarah
Analisis Nilai Pendidikan Karakter pada Tokoh Sejarah
Lokal Sumatera Barat Sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sejarah
Uun
Lionar*, Rahmuliani Fithriah
Program
Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan
menemukan nilai pendidikan karakter pada tokoh Chatib Sulaiman dan Bagindo Aziz
Chan berdasarkan indikator karakter utama dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
yakni religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Penelitian
ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari: (1) heuristik,
pencarian dan pengumpulan data primer dan sekunder melalui kajian pustaka dan
wawancara; (2) kritik sumber, dilakukan dengan menganalisis, memverifikasi, dan
menguji data yang telah didapatkan; (3) interpretasi, menyusun data menjadi
pemahaman yang utuh; dan (4) historiografi, penyajian hasil penelitian dalam
bentuk laporan penelitian analisis nilai pendidikan karakter pada tokoh sejarah
lokal Sumatera Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada diri Chatib
Sulaiman dan Bagindo Aziz Chan melekatkan nilai religius, nasionalis, mandiri,
gotong royong, dan integritas yang terepresentasi melalui kiprah hidupnya sebagai
tokoh di Sumatera Barat. Hal yang paling menonjol dari kedua tokoh tersebut
adalah karakter nasionalis, keduanya meninggal dalam perjuangan mempertahankan
eksistensi Republik Indonesia.
Kata Kunci:
Pendidikan Karakter; Tokoh Sejarah Lokal; Sumatera
Barat; Pembelajaran Sejarah.
Sumber:
Jurnal Paedagogy:
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 10 No. 1 : Januari 2023
Komentar
Posting Komentar