ANALISIS METODE PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF UNTUK PPKN JENJANG SEKOLAH DASAR
ANALISIS
METODE PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF UNTUK PPKN JENJANG SEKOLAH DASAR
Khairunnisa1,
Ilham Syahrul Jiwandono2
1,
2)
Universitas Mataram
Abstrak:
Metode pembelajaran
mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran berfungsi
untuk membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Tidak
semua metode pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran tertentu, misalnya PPKn.
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah jenis-jenis metode pembelajaran
komunikatif yang sesuai dengan mata pelajaran PPKn di sekolah dasar. Pendekatan
penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian di
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Mataram. Sumber data
dibagi menjadi dua, yakni primer dan sekunder. Sumber data primer yakni mahasiswa
semester 5 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan sumber data sekunder
yakni hasil observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan data melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi melalui kegiatan Group Investigation
berbantuan permainan Quizizz. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap penelitian yakni pra lapangan,
lapangan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Metode
pembelajaran mempunyai manfaat yang banyak dalam proses pembelajarn di kelas,
2) Terdapat berbagai pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum menentukan
metode pembelajaran. 3) Terdapat berbagai metode pembelajaran yang cocok
digunakan di sekolah dasar, khususnya PPKn, yakni example non example, picture
and picture, vct, inquiry dan discovery.
Kata Kunci: Metode
Pembelajaran, Group Investigation, Permainan
Sumber:
ELSE (Elementary School
Education Journal)
Volume 4 Nomor 1 Ferbuari
2020
Komentar
Posting Komentar