Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring
Analisis
Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama
Pembelajaran Daring
An
Nisa Puthree1, Dewi Widiana Rahayu2, Muslimin Ibrahim3,
M. Syukron Djazilan4
Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia1,2,3,4
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan
tentang faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa serta faktor
penghambat dan pendukung
selama pembelajaran daring
pada siswa kelas
II SD Al
Islamiyyah Surabaya. Teknik pengumpulan
data, menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis
secara deskriptif setelah
terlebih dahulu direduksi (data reduction),
dan diuji
keabsahannya.Hasil penelitian menunjukkan
bahwa motivasi belajar
siswa rendah disebabkan
oleh faktor internal dan
eksternal siswa. Faktor
internal siswa meliputi
kejenuhan, minat belajar,
kesehatan fisik dan mental. Sedangkan
faktor eksternal siswa
adalah keadaan keluarga,
lingkungan di rumah,
dan sarana prasarana. Solusinya
selama pembelajaran daring
ini orang tua
harus memberikan
pendampingan dalam mengawasi masalah belajar anak,
memberikan dukungan untuk
belajar dengan baik, serta guru
harus bisa menciptakan pembelajaran
yang menarik dengan
memanfaatkan media dan
metode belajar yang
tepat. Karena pembelajaran daring merupakan pembelajaran dengan cara
yang baru bagi siswa Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi
Belajar, Siswa Kelas II SD, Pembelajaran Daring.
Sumber:
JURNAL BASICEDU
Volume 5 Nomor 5 Tahun 2021
Halaman 3101 -3108
Komentar
Posting Komentar