Pengaruh Pemasaran Digital dan Variasi Produk Terhadap Perkembangan UMKM di Masa Pandemi COVID-19 (Survey Terhadap Pelaku UMKM di Provinsi Banten)

 

Pengaruh Pemasaran Digital dan Variasi Produk Terhadap Perkembangan UMKM di Masa Pandemi COVID-19 (Survey Terhadap Pelaku UMKM di Provinsi Banten)

Baghas Budi Wicaksono1

Fakultas Bisnis, Universitas Buddhi Dharma

 

Abstrak

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   pengaruh   dari   variasi   produk   sektor UMKM  dan pemasaran  digital  terhadap  Perkembangan  sektor  UMKM  di  Provinsi  Banten. Adapun  data  pada  penelitian  ini  diperoleh  secara  primer  melalui  kuisioner  yang  diberikan kepada lebih dari 50 responden yang tersebar di Kabupaten/Kota Provinsi Banten. Penelitian ini  menggunakan  pendekatan  kuantitatif  melalui  metode  analisis Ordinary  Least  Squaredengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan   antara   variasi   produk   dan   pemasaran   digital   terhadap   perkembangan   sektor UMKM.  Hal  ini  diindikasi  oleh  nilai  t-statistik  yang  memiliki p-value<0,05.  Adapun  model penelitian  juga  terbebas  dari  masalah  asumsiklasik  (homoskedastis,  berdistribusi  normal, non-multikolinieritas  dan  non-autokorelasi).  Nilai  R-Squared  sebesar  0.97  menunjukkan bahwa variasi perkembangan sektor UMKM di Provinsi Banten dapat dijelaskan oleh variasi produk  dan  pemasaran  digital  sebesar97%.  Artinya,  ada  3%  variasi  perkembangan  sektor UMKM yang dijelaskan oleh variabel selain yang diteliti pada model penelitian ini.

 

Sumber:

Sains manajemen: Jurnal Mananjemen Unsera

Volume 8 No.1 Juni 2022

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan