Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Madrasah Ibtidaiyah dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah
Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Madrasah
Ibtidaiyah dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah
Nur
Fitri Amalia1, Dewi Halimatus Zuhro2
Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo1,2
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui
manajemen pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah untuk mewujudkan generasi
berakhlakul karimah. Generasi berakhlakul karimah merupakan salah satu tujuan
besar dalam dunia Pendidikan, namun adanya perkembangan teknologi yang semakin
maju luar biasa bertolak belakang
dengan moralitas kehidupan
yang semakin terjadi
degradasi luar biasa.
Kritis moralitas saat
ini penting untuk segera dicari alternatif solusinya. Manajemen
Pendidikan karakter menjadi salah satu cara yang efektif untuk
diimplementasikan. Metode
penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Triangulasi metode dan
triangulasi sumber dilakukan
untuk memastikan keabsahan
data. Berdasarkan hasil
penelitian ditemukan; 1) Akhlakul
karimah (kejujuran, kepedulian,
kedisiplinan dan tanggung
jawab)siswa MI Tarbiyatul
Islam mengalami peningkatan yang
signifikan setelah diterapkan Manajemen Pendidikan
karakter; 2)Manajemen
pendidikan karakter diterapkan
dengan strategi PPEPP
(Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi,
Pengendalian dan Peningkatan) pada pembelajaran dan kegiatan di
Madrasah;
Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Akhlakul
Karimah.
Sumber:
JURNAL BASICEDU
Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022
Halaman 2370 -2379
Komentar
Posting Komentar